Sabtu, 06 Februari 2021

Taman Langit: Keindahan di atas Awan Kota Batu Malang

Halo sobat travel, apa kabar?

Meskipun liburan awal tahun sudah berlalu, tetapi tidak ada salahnya artikel ini akan mengulas tentang salah satu objek wisata yang terkenal di Kota Batu, Malang. Yup, berkunjung ke Malang kurang lengkap rasanya jika tidak menyambangi kota Batu, sebuah kota di sebelah barat laut Malang yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Nah, ada banyak sekali destinasi wisata yang ditawarkan di Kota Batu loh, maka tak heran jika Batu disebut sebagai “Kota Wisata”. Menjamurnya objek wisata di Kota Batu sejalan dengan fasilitas maupun sarana yang selalu diperbaiki dan dilengkapi oleh Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang terus mendatangi kota wisata ini. Salah satu objek wisata yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah Taman Langit.


Sedikit mengulas tentang geografi Malang, yakni daerah ini dikelilingi oleh pegunungan sehingga suhu di sini terbilang dingin dan memiliki panorama yang indah. Salah satu yang terkenal adalah Gunung Banyak yang memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan. Nah, objek wisata Taman Langit terletak di Gunung Banyak. Selain Taman Langit, di sini juga ada beberapa objek wisata lain seperti Omah Kayu, Taman Kelinci, paralayang, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara ke sana dan berapa harga tiket masuknya?

Taman Langit terletak di jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Akses jalan menuju tempat ini terbilang mudah dijangkau, meskipun jalanannya menanjak, kurang bagus, dan agak sempit, tetapi masih bisa dilalui mobil roda empat dan motor. Meskipun begitu, kondisi jalanan ini menyebabkan laju kendaraan sedikit terhambat. Namun jangan khawatir, segala rintangan dapat dilalui dan akan terbalas dengan panorama yang menakjubkan di ketinggian nanti. Aku dan teman-temanku saat itu berangkat dari Kota Malang memesan mobil melalui aplikasi penyedia layanan transportasi karena kami berencana untuk mengunjungi beberapa objek wisata di Kota Batu sehingga lebih efektif, efisien, dan pastinya lebih hemat heheheh. Mungkin tips ini juga bisa dicoba oleh sobat travel yang berencana ke Kota Batu melalui Kota Malang.

Untuk harga tiket masuk ke Taman Langit sebesar Rp.10.000, belum termasuk parkir. Dengan harga segitu sobat travel akan puas menikmati panorama indah dan spot-spot menarik di Taman Langit. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan di tempat ini pun cukup lengkap, dari mulai lahan parkir, mushola, toilet, tempat makan, dan lain-lain. Untuk jam buka, kalian bisa mendatangi objek wisata ini dari pagi sekitar pukul 07.00 sampai dengan malam hari. Saat itu, aku mengunjungi Taman Langit pada siang hari, mungkin akan berbeda jika kalian mengunjungi di malam hari karena pasti akan lebih indah lagi panoramanya dengan dihiasi lampu-lampu dan bintang-bintang di langit (jika cuaca cerah).

Ada Apa Saja di Taman Langit?

Pada dasarnya objek wisata ini menyuguhkan panorama indah di ketinggian dan cuaca yang sejuk dengan dibalut spot-spot menarik untuk berfoto. Pertama kali memasuki tempat ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hijau nan asri berupa bunga-bunga yang tertata rapi, terdapat patung-patung yang terbuat dari kayu berbentuk hewan dan peri, dan masih banyak lagi. Berjalan-jalan menelusuri semua spot di sini sangat memuaskan dan mungkin kita akan berasa ada di negeri dongeng. Dengan banyaknya proporsi spot berbentuk peri-peri, mungkin memang benar konsepnya seperti dalam dunia peri sehingga pengunjung seolah dibawa menyusuri negeri dongeng. Sobat travel bisa puas mengambil banyak foto karena spot-spotnya banyak sekali dan juga unik-unik, yang pastinya instagramable dengan latar belakang pepohonan hijau nan menjulang serta lanskap berupa gugusan perbukitan. Kombinasi tersebut sanggup membuat wisatawan ingin berkunjung ke sini karena view-nya memang sangat cantik dan menakjubkan sekali.


Kabarnya pemandangan saat senja juga tak kalah indahnya loh dan bahkan banyak pengunjung yang datang menjelang petang hanya karena ingin melihat sunset-nya yang katanya sangat menawan. Pastinya juga saat malam hari suasana di sini lebih romantis lagi nih kayaknya karena kan pasti tempat ini akan dihiasi lampu-lampu taman warna-warni. Ditambah lagi jika cuaca sedang cerah akan terlihat pendar bintang-bintang di langit malam. Apalagi melihat pemandangan Kota Batu dari ketinggian. Wah ngebayanginnya aja udah keren banget ya apalagi datang langsung, buruan deh cobain dan buktikan! 😆

Oiya tepat di sebelah Taman Langit juga terdapat objek wisata lain, yang bernama Omah Kayu. Ini masih satu lokasi kok, hanya saja jika kita ingin ke Omah Kayu maka kita harus membayar tiket masuk lagi sebesar Rp.10.000 alias sama saja. Sebenarnya, Omah Kayu dan Taman Langit kurang lebih sama isinya. Mungkin yang membedakan adalah konsepnya. Kalau Taman Langit mungkin berkonsep seperti dunia peri, maka Omah Kayu lebih pada menyajikan beberapa rumah pohon yang bisa digunakan untuk bersantai, mengambil foto, dan disewakan juga untuk menginap yang pasti harganya juga berbeda. Sobat travel yang ingin merasakan sensasi menginap di atas ketinggian dengan dikelilingi hutan pinus bisa mencobanya di sini. Pasti akan nyaman dan seru karena fasilitasnya pun sudah lengkap.

Puas berjalan-jalan menelusuri Taman Langit bak negeri dongeng, kita juga bisa menyambangi arena paralayang yang ada di sebelah Taman Langit. Ini masih satu lokasi kok, jadi kita tidak perlu berjalan jauh. Menurut informasi, tidak setiap hari ada paralayang karena biasanya tergantung cuaca. Kita cukup beruntung saat itu karena bisa melihat langsung orang-orang yang sedang olahraga paralayang, seru sekali loh! Pengunjung juga bisa memacu adrenalin dengan paralayang ini loh. Namun, saat itu aku dan teman-temanku hanya menonton saja heheheh tapi tetap seru. Selain itu, kita juga bisa bersantai menikmati pemandangan Kota Batu dari atas Gunung Banyak ini. Rasanya menakjubkan sekali, ditambah lagi udara di sini sangat sejuk hmmm sungguh puas memilih Taman Langit menjadi destinasi yang kami kunjungi saat itu. Buat sobat travel yang berencana ke Kota Batu, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat ini. Hijaunya pemandangan dan sejuknya udara sanggup memberikan kedamaian sejenak bagi kita. Bagaimana? Apakah penasaran dan ingin segera ke sana? Coba komen di bawah yaaaa 😊



Tidak ada komentar:

Posting Komentar