Selasa, 19 April 2022

5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Kita Bahagia

Hai teman-teman, apa kabar? bagaimana puasa hari ini? Semoga sehat selalu dan bahagia. Berbicara tentang bahagia, sejatinya banyak hal-hal kecil dan sederhana yang bisa membuat kita bahagia. Jika kamu merasa bahwa hari-harimu berat dan banyak sekali tekanan, maka cobalah untuk berhenti sejenak dan lihat semua hal dari segi positif. Hidup memang sebuah pilihan, sehingga kita sendiri yang memilih ingin menjalankan hidup dengan penuh kebahagian atau sebaliknya. Pada dasarnya memang betul bahwa semua orang mempunyai versi bahagianya masing-masing. Nah, di tulisan kali ini aku ingin mengajakmu untuk melihat bahwa ada banyak hal sederhana yang bisa membuat hidupmu lebih bahagia. Apa saja sih? Simak tulisan ini sampai habis ya!



  1. Bersyukur

Hal sederhana pertama yang mudah dan bisa sering kita lakukan adalah bersyukur. Dengan bersyukur, maka kita akan lebih tenang dan damai. Di dalam Al-Qur’an juga telah disinggung bahwa “Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'.” (QS. Ibrahim: 7).

Dengan bersyukur, maka nikmat kita akan bertambah. Mengapa begitu? karena kita akan merasa berkecukupan. Sebaiknya kita juga tidak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain, karena setiap orang mempunyai “waktu”nya sendiri. Maka jangan mengukur kebahagiaan hanya dengan melihat kehidupan orang lain yang statusnya lebih tinggi dari kita. Nah, sebaiknya syukuri apa yang kita miliki saat ini, contohnya kesehatan yang terkadang kita lupa untuk mensyukuri nikmat ini.


  1. Banyak memberi

Ketika kita merasakan kebahagian, maka rasa bahagia itu akan bertambah saat kita membagikannya ke orang lain. Misalnya saat bersedekah, baik uang maupun barang. Dengan bersedekah, maka kita akan lebih bahagia. Dalam Islam disebutkan bahwa Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah dan membuat hidup akan lebih berkah. Sebenarnya definisi memberi itu luas sekali, seperti memberikan waktu luang untuk orang lain, mendengarkan orang lain, membantu dengan tulus, berbagi kebahagiaan. 


  1. Menikmati apa yang kita lakukan

Terkadang kita lupa bahwa saat ini kita masih diberikan nikmat kesehatan, sehingga masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Terkadang kita sering lupa waktu karena terlalu banyak hal yang dikerjakan ataupun sebaliknya. Kita juga sering merasa bahwa waktu berlalu begitu cepat, sehingga banyak hal yang terlewat begitu saja. Nah dengan menikmati apa yang sedang kita lakukan dan memaknai bahwa kita masih diberikan kesempatan untuk berbuat lebih baik lagi, maka kita akan lebih merasa bahagia. Hal sederhana ini memang kerap terlupakan.


  1. Ikut berbahagia dengan orang lain

Terkadang kita terlalu berfokus pada diri sendiri dan melupakan orang di sekitar kita. Ketika kita bisa meluangkan waktu untuk melihat orang di sekitar kita dan merespons energi positif yang ditularkan oleh mereka, maka kita akan berpeluang untuk lebih bahagia. Terlebih jika orang di sekitar kita sedang merayakan kebahagiaan atas pencapaian yang mereka raih, sebagai makhluk sosial merespons kebahagiaan orang lain dengan ikut merayakannya akan membuat kita bahagia. Sesederhana kita mengucapkan selamat atas pencapaiannya, maka hati kita ikut merasakan kebahagiaan itu. Mencoba melihat sesuatu dengan respon yang positif akan membuat hati menjadi lebih damai.


  1.  Optimis terhadap masa depan

Masa depan mungkin bisa dibilang suatu waktu yang entah bagaimana kita bisa melihatnya. Padahal masa depan itu dekat, tetapi terkadang kita terlalu takut dan cemas untuk menghadapinya. Optimisme adalah salah satu kunci untuk menghadapi masa depan. Dengan pemikiran yang positif dan harapan yang baik, maka kita akan lebih bersemangat dalam menyongsong masa depan yang cerah. Teruslah percaya bahwa masa depan akan baik-baik saja. Dengan begitu, kita akan lebih tenang, senang, dan menikmati masa kini.


Nah itu dia lima hal sederhana yang sering kita lupakan padahal bisa membuat kita bahagia. Memang betul bahwa definisi bahagia bagi setiap orang itu berbeda. Dengan mengingat lima hal kecil di atas sebagai reminder bahwa masih banyak hal yang bisa membuat kita bahagia. Jadi jangan lupa bahagia ya! 😊 

1 komentar:

  1. Setuju kak. Bahagia itu bisa kita ciptakan dari diri kita sendiri tanpa perlu "menampungnya" dari orang lain

    BalasHapus