Selasa, 05 April 2022

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa di Rumah Saja

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia berimbas terhadap berbagai sektor dan mengubah segala keadaan. Ramadan kali ini telah memasuki tahun ketiga puasa di tengah pandemi. Hal ini tentu saja membuat ramadan saat pandemi berbeda dengan ramadan sebelum terjadinya pandemi. Banyak peraturan yang membuat kita terbatas, misalnya kebijakan Pemerintah (tahun 2020 dan 2021) agar kita di rumah saja akibat dari penerapan PSBB/PPKM, kebijakan tentang protokol kesehatan, kebijakan physical distancing yang berimbas pada anjuran untuk beribadah dari rumah demi menghindari kerumunan orang yang memicu persebaran virus. 



Meskipun begitu, kebijakan ramadan di tahun ini sudah terbilang lebih longgar jika dibandingkan tahun sebelumnya. Namun tetap saja kita tidak bisa memungkiri keadaan bahwa saat ini pandemi masih terjadi, harus waspada terhadap varian virus yang baru, dan lonjakan kasus yang mungkin saja akan terjadi jika kita lengah. Oleh karena itu, di tulisan kali ini aku ingin membagikan aktivitas yang bisa kita lakukan saat puasa di rumah saja. Simak sampai habis ya!


  1. Mengikuti kegiatan virtual dengan komunitas

Kamu punya komunitas, tapi terhalang jarak dan waktu karena pandemi? Tenang, saat ini jarak dan waktu bukan suatu penghalang sebab kamu bisa berkumpul dalam ruang virtual. Saat ini platform video sudah menjamur, seperti zoom meeting, Google meet, dan lain-lain. Sejalan dengan itu kuota internet pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan banyak pilihan provider yang terbilang murah, sehingga memfasilitasi kamu untuk berkumpul dengan komunitas secara virtual. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang di hari biasa atau di weekend untuk mengatur jadwal gathering. Atau kamu bisa memanfaatkan waktu ngabuburit di rumah saja sambil melakukan kegiatan bersama komunitasmu. Selain komunitas, kamu juga bisa mengikuti acara webinar tentang berbagai topik agar menambah ilmu. Dengan begitu, waktu luang di tengah puasa dengan cara bermanfaat deh.

  1. Mencoba aktivitas berkebun

Selama pandemi, salah satu aktivitas yang banyak digandrungi adalah berkebun. Berkebun di tengah masa pandemi memiliki pergeseran makna, karena dulu orang berkebun untuk bisa mendapatkan makanan segar, sedangkan saat pandemi berkebun dimaknai sebagai self healing. Aktivitas berkebun dinilai sebagai self healing karena kita dapat mengalihkan rasa stress saat di rumah saja dengan berkebun. Selain itu, ada rasa senang dan kepuasan sendiri saat merawat tanaman dan melihatnya tumbuh subur. Nah, kamu bisa melakukan berkebun dengan menanam tanaman hias atau tanaman lain yang bermanfaat bagimu. Selain menyenangkan, mengisi waktu di rumah saat puasa dengan berkebun juga melatih kesabaran untuk merawatnya. 

  1. Mencoba resep masakan baru

Waktu buka puasa dengan makan makanan rumah memang memiliki kenikmatan sendiri. Apalagi jika kamu mencoba memasaknya sendiri selagi menunggu berbuka puasa. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memasak sendiri, dari mulai lebih hemat, sehat, higienis, dan bisa memilih sendiri menu yang dibuat. Jika kamu bingung ingin memasak apa, maka kamu bisa menemukan inspirasi di YouTube dan TikTok terkait akun yang sering membagikan resep masakan. Jika kamu seorang penderita asam lambung, maka bisa mencoba resep di tulisanku sebelumnya jika kamu bingung untuk memasak menu apa. 


  1. Membaca buku, menonton film, dan mendengarkan Podcast

Memanfaatkan waktu luang di rumah saat puasa bisa dengan hal yang bermakna lainnya, yaitu membaca buku. Jika kamu ingin memaknai bulan suci, maka kamu bisa menambah ilmu dengan membaca genre buku yang religius guna menambah keimanan. Atau pilih genre buku self improvement agar pengetahuan, wawasan, dan kualitas mental semakin bertambah baik. Membaca buku tentunya bisa mengalihkan fokus kita dari rasa haus dan lapar, sehingga kita juga akan tidak terasa waktu akan berlalu cepat.

Selain membaca buku, aktivitas seru lainnya adalah menonton film. Saat ini sudah banyak platform streaming resmi yang bisa jadi referensi menonton film, misalnya Netflix, Disney Hotstar, Viu, bioskop online, dan masih banyak lagi. Pilihlah genre film yang aman ditonton dan bisa menambah insight baru. Jika kamu kurang terlalu suka membaca atau menonton film, maka kamu bisa mendengarkan podcast untuk mengisi waktu puasamu. Banyak platform podcast yang bisa kamu dengarkan, misalnya Spotify, Noice, Google podcasts, dan masih banyak lagi. Banyak pilihan topik yang bisa kamu dengarkan di platform podcast sesuai dengan minat kamu.


  1. Buka puasa dan sahur virtual

Lagi-lagi pandemi membuat jarak kita terbatasi, tapi jangan khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk bertemu secara virtual. Sebelum pandemi terjadi, buka puasa bersama dan sahur sering dilakukan. Bulan puasa juga menjadi momen acara buka puasa bersama dengan teman sekolah dahulu, sehingga kehadirannya dinantikan. Namun karena situasi pandemi masih terjadi, maka menghindari kerumunan dan social distancing harus dilakukan. Buka puasa bersama secara virtual bisa kamu lakukan dengan berbagai platform video atau media sosial, misalnya bisa dari WhatsApp, Line, Zoom, Google Meet, dan masih banyak lagi. Agendakan buka puasa virtual dengan teman-temanmu dan buatlah konsep acara agar lebih meriah.


Nah itu dia 5 kegiatan yang bisa kamu lakukan walaupun puasa di rumah saja, selamat mencoba! 😊


Tidak ada komentar:

Posting Komentar