Sabtu, 16 April 2022

Curhat hari ini: Agus BM Everyday dan Creative Campaign di Era Digital

Di tulisan kali ini masih tentang BPN Ramadan Challenge dan temanya tentang "curhat hari ini". Sebenarnya aku bingung mau curhat apa karena hari ini nampaknya tidak ada yang terlalu spesial yang bisa aku tuangkan dalam tulisan. Tentunya parameter spesial itu bagiku adalah dalam konteks ini sesuatu yang bisa mendorongku untuk menulis. Namun ada satu hal yang bermanfaat di hari ini yang ingin aku bagikan dalam bingkai curhat hari ini.




Beberapa hari yang lalu, aku membaca postingan di media sosial tentang Agus BM Everyday. Dalam postingan tersebut Agus disinyalir sebagai seorang Art Director yang BM alias banyak mau. BM juga katanya kependekan dari Bayu Maulana, yaitu nama panjang si Agus. Dari screenshot chat memperlihatkan bahwa Agus orang yang banyak mau dan perfeksionis bukan hanya soal pekerjaan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Karena sifatnya yang menyebalkan ini, maka temannya dengan nama akun Oji_GDGedeg pun melakukan screenshot terhadap kumpulan chat dari si Agus. Terdapat 50 screenshot kumpulan chat menyebalkan dari Agus, lalu dijadikan NFT dan terjual di OpenSea!  


Agus BM Everyday pun viral karena banyak media di Instagram maupun Twitter yang memberitakannya. Selain itu, di media massa pun memberitakan tentang si Agus BM Everyday ini. Tak jarang banyak orang yang relate karena memiliki teman dengan sifat seperti Agus. Setelah Gozali Everyday, lalu muncul Agus BM Everyday yang sedikit mirip dalam konteks "everyday"-nya. Banyak juga yang berkomentar penasaran terhadap sikap Agus di situasi lainnya, seperti ketika diputusin pacarnya. Aku pribadi juga merasa tertarik dan bertanya-tanya apakah ini benar terjadi atau hanya strategi marketing? 


Yup, di era digital saat ini bentuk strategi marketing dikemas sangat kreatif. Banyak brand yang menggunakan pendekatan unik dan tidak biasa untuk memperkenalkan produknya demi mencapai awareness dan word of mouth. Aku yang bekerja di bidang agensi kreatif pun sudah tidak asing dengan strategi campaign seperti ini. Dalam kasus Agus BM Everyday pun aku curiga dengan konsep bahwa adanya unsur strategi marketing. Aku berpikir apakah ada seorang teman yang dengan bebasnya tanpa persetujuan temannya, melampiaskannya, dan menjadikannya NFT? Ya mungkin saja sih, tapi si Agus ini apakah reaksinya akan diam-diam saja? Jika melihat sifatnya yang menyebalkan ini, maka si Agus harusnya bereaksi dong? Namun, mengapa orang ini tidak muncul untuk klarifikasi dan kita tidak tahu siapa si Agus? Selain itu, temannya ini bisa mendulang banyak uang dari si Agus, kok bisa Agus hanya diam? Apakah Agus tidak tahu? Ah rasanya tidak mungkin! Begitulah pemikiran kritis cenderung penasaran ketika melihat suatu hal.


Beberapa hari ini aku pun masih memikirkannya, karena masih penasaran. Aku juga membaca media besar yang juga memberitakan tentang si Agus. Hmm jadi semakin penasaran. Kemudian tibalah hari ini, hari di mana aku mengetahui kebenarannya. Beberapa jam yang lalu, aku scroll Instagram dan mengintip Instagram Story. Lalu deng! Aku menemukan tentang si Agus BM Everyday lagi! Dan ternyata benar dugaanku bahwa ini merupakan strategi marketing! Gokil! 


Gila keren banget ujarku dalam hati. Idenya benar-benar out of the box, karena belajar dari tren NFT, si Gozali Everyday, dan situasi yang secara emosional membuat audiens terpancing! Maka terciptalah si Agus BM Everyday. Faktanya ini merupakan digital campaign dari bank yang terkenal di Indonesia. Aku pikir ini keren sekali karena si bank ini membuat campaign kreatif yang berbeda dengan bank lainnya. Sebenarnya, si bank ini juga sudah pernah membuat digital campaign sebelumnya. Namun, kali ini benar-benar berbeda. Si Agus merupakan representasi dari anak muda masa kini yang banyak maunya, punya banyak keinginan, dan plan. Nah, si bank ini merupakan solusi bagi anak muda saat ini yang BM loh. Sungguh kreatif! Hasilnya campaign ini pun viral karena terciptanya word of mouth di media sosial. Apalagi mereka juga menggunakan strategi press release sehingga diberitakan juga di media besar.


Nah terjawab juga deh rasa penasaranku beberapa hari ini. Sebenarnya masih banyak lagi contoh iklan yang menarik dengan campaign yang luar biasa out of the box. Dari saat itu aku kagum pada bagaimana seorang copywriter bisa mengkonsepkan ide menjadi  sebuah campaign yang bisa mempersuasi target konsumen dengan cara yang unik dan kreatif. Semoga aku pun bisa melakukannya! Semangat! 😆







Tidak ada komentar:

Posting Komentar