Minggu, 10 April 2022

Hal-hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Ramadan

Hai teman-teman, di tulisan kali ini aku akan membahas hal-hal apa saja yang ingin aku lakukan saat puasa. Di tulisan sebelumnya, aku sudah membahas tentang 5 hal bermanfaat yang bisa kita lakukan saat puasa. Nah dari tulisan tersebut, aku pun merefleksikan kembali dan sebagai reminder untuk diriku sendiri bahwa betul bulan ramadan adalah bulan penuh berkah, ampunan, dan pahala dilipatgandakan. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan demi meraih kemenangan. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang ingin aku lakukan selama bulan suci ramadan.




  1. Mengkhatamkan Al-Qur'an

Seperti yang sudah kita tahu bahwa bulan ramadan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur'an. Membiasakan membaca Alquran bukan hanya di bulan ramadan saja merupakan kebiasaan yang baik, apalagi di bulan mulia ini. Salah satu hal yang ingin aku lakukan dan seperti goals tiap bulan puasa adalah mengkhatamkan Al-Qur'an. Aku tau hal ini tentu saja terbilang sulit, apalagi jika punya aktivitas yang padat. Meskipun begitu, aku bertekad untuk membaca Alquran setelah sholat, seberapapun banyaknya yang pasti harus dibaca. Semoga dengan kebiasaan kecil ini bisa menjadi tabungan kelak di akhirat. Sebab, salah satu keutamaan membaca Alquran adalah Al Qur'an bisa menjadi syafaat atau penolong kita di hari kiamat kelak. Bismillah ayo rutinkan membaca Alquran dan belajar mengkhatamkannya, apalagi di bulan suci ini.


  1. Membiasakan Sholat Sunnah

Selain sholat wajib, tentu ada sholat sunnah yang hukumnya apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, tetapi jika tidak dikerjakan maka tidak apa-apa. Mengetahui bahwa bulan puasa merupakan bulan mulia yang segala ibadah dilipatgandakan pahalanya, maka alangkah baiknya kita juga menegakkan sholat sunnah. Misalnya sholat sunnah dhuha yang dikerjakan di pagi hari, sholat tarawih yang dikerjakan di malam hari, dan sholat tahajud yang dikerjakan di dini hari. Semoga aku bisa belajar untuk membangun kebiasaan baik membiasakan sholat sunnah tersebut. Kelak jika sudah terbiasa, maka di luar bulan ramadan pun akan selalu mengerjakan sholat sunnah tersebut.


  1. Menjadi produktif

Tak jarang ketika bulan ramadan tiba membuat produktivitas kita menurun. Hal ini karena saat siang hari kita berpuasa, sehingga terkadang menyebabkan tubuh menjadi letih, lesu, lemah. Terkadang rasanya ketika berpuasa inginnya tubuh rebahan terus dan tiduran. Padahal tidak baik juga kalau saat puasa hanya dihabiskan dengan rebahan dan tidur. Nah, seharusnya puasa bukan menjadi penghalang kita untuk tetap produktif. Aku pribadi berusaha untuk menjadi produktif saat puasa walaupun di siang hari harus bekerja. Kuncinya dengan memberikan asupan makanan yang baik saat berbuka dan sahur. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen agar kesehatan tetap terjaga. Dengan begitu, puasa pun tetap lancar dan aktivitas sehari-hari tidak terhambat.


  1. Buka puasa bersama

Di momen puasa ramadan yang bertepatan dengan pandemi membuat kebersamaan jadi terbatasi. Sudah dua tahun berpuasa di tengah pandemi membuat jarak menjadi hambatan untuk silaturahmi, sehingga kegiatan safari ramadan pun seakan tidak bisa dilakukan lagi. Namun di momen ramadan kali ini yang bertepatan dengan tiga tahun pandemi nampaknya peraturan sudah longgar. Buka puasa bersama pun sudah bisa dilakukan, meskipun kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Jika masih belum berani untuk buka bersama dengan teman atau saudara, maka kita juga bisa mengadakan bukber virtual heheheh.


  1. Menjalankan ibadah puasa sambil tetap menjaga lingkungan

Mungkin kamu bingung saat membaca poin nomor lima ini hehehehe iya betul sekali aku memiliki concern pada isu lingkungan. Jadi, aku menyadari bahwa selama ramadan ada kebiasaan yang membuat bumi tersakiti. Misalnya, kebiasaan kita yang suka kalap membeli makanan berbuka puasa tapi ujung-ujungnya makanan tersebut tidak dihabiskan dan malah menjadi sampah makanan yang tidak baik untuk lingkungan. Oleh karena itu, aku dan kita semua sebaiknya bijak dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi dan sebisa mungkin untuk menghabiskannya agar tidak menjadi sampah makanan yang terbuang sia-sia dan justru tidak baik untuk lingkungan. Kita bisa meraih keberkahan ramadan dengan cara mencintai lingkungan dari hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan. Yuk bisa yuk!


Nah itu dia tadi lima hal yang ingin aku lakukan selama bulan suci ramadan. Semoga aku bisa merealisasikannya. Semoga hal-hal kecil ini bisa menjadi kebiasaan yang baik walaupun di luar bulan ramadan. Semangat 😆


Tidak ada komentar:

Posting Komentar