Sabtu, 02 April 2022

Tips yang Wajib dicoba untuk Menjalankan Ibadah Puasa di Kala Pandemi

Hai teman-teman, di hari kedua challenge BPN 30 Day Ramadan challenge 2022 ini aku akan menuliskan seputar puasa saat pandemi. Bulan ramadan tahun 2022 kali ini bertepatan dengan tiga tahun puasa di kala pandemi. Masih membekas di dalam ingatan saat ramadan 2020 yang merupakan momen pertama kalinya pandemi, sehingga banyak sekali aturan dan perubahan yang membuat kita harus beradaptasi. Bertepatan dengan memasuki tahun ketiga puasa di kala pandemi ini mungkin kita sudah mulai terbiasa dengan situasi ini, nah di tulisan kali ini aku akan memberikan tips berpuasa di kala pandemi agar ibadah puasa berjalan lancar dan imun tetap terjaga. Berikut tipsnya berdasarkan pengalaman pribadi yang bisa diimplementasikan dalam keseharian 30 hari puasa ke depan.




1. Menyuplai stok kebutuhan pokok untuk 2 minggu

Saat pandemi tentu saja mobilitas kita jadi dibatasi. Penerapan phisical distancing tentu masih ada dan kasus pengidap Covid-19 juga masih tercatat. Walaupun keadaan saat ini mungkin dirasa lebih longgar dari tahun sebelumnya, tetapi kita tetap harus waspada. Untuk kebutuhan pokok dan makanan selama ramadan sebaiknya kamu menyetoknya sejak sebelum puasa. Dengan begitu, kita tidak perlu bolak-balik ke pasar swalayan atau tempat publik untuk membelinya. Hal ini perlu dihindari agar tidak riskan terpapar virus Covid-19 dan virus lainnya. Selain itu, perlu dicatat juga sebaiknya kita mempersiapkan bahan makanan yang bisa tahan lama dan bisa disimpan dalam waktu lama. Jika tidak ingin keluar rumah atau memang tidak memiliki waktu yang banyak, maka kita juga bisa memakai jasa pesan antar yang sudah menjamur saat ini. Dengan begitu, lebih hemat waktu, efektif, dan efisien. Eits tapi terkadang jasa pesan antar harganya lebih mahal daripada beli langsung ke toko. Nah, penting untuk membandingkan terlebih dahulu harga pesan antar di satu aplikasi dan aplikasi lainnya ya agar budget lebih terukur. 


2. Jangan lupakan suplemen dan obat yang dibutuhkan

Puasa di kala pandemi merupakan tantangan sendiri. Persiapan yang matang agar kesehatan sistem imun terjaga adalah kunci lancarnya beribadah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyediakan suplemen yang bisa kita konsumsi. Dari mulai vitamin C, D, zinc merupakan suplemen yang terbukti bisa menjaga sistem imun dan daya tahan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi madu sebagai cairan alami yang terbukti baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan segudang manfaat lainnya. Oiya jangan lupa juga jika kamu memiliki penyakit bawaan untuk selalu siap menyediakan obatnya ya. Jika kamu penderita asam lambung, maka puasa adalah tantangan sendiri bukan? Oleh karena itu, selalu siap sediakan obat yang bisa dikonsumsi saat berbuka dan sahur ya. 


3. Konsumsi makanan sehat 

Bulan puasa identik dengan mengonsumsi makanan yang digoreng, berlemak, dan diary. Namun jika dikonsumsi berlebihan cenderung tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, kamu harus memperhatikan asupan makanan yang baik untuk kesehatan agar tubuh tetap fit dan terhindar dari virus berbahaya. Pola makan selama puasa harus dijaga, konsumsi makanan mengandung nabati perlu dicoba. Perbanyak buah, sayur, dan kacang-kacangan yang kaya nutrisi dan antioksidan. Untuk menjamin kebersihan saat mengonsumsi, sebaiknya kamu bisa mempertimbangkan untuk memasak sendiri. Dengan begitu, makanan terjamin keamanan dan higienitasnya.


4. Istirahat yang cukup

Bulan puasa terkadang istirahat kita jadi kurang maksimal. Hal ini karena pola tidur kita jadi sedikit berubah. Meskipun begitu tidak ada salahnya untuk memperbaiki pola tidur kita dengan istirahat yang cukup, tidur lebih awal, bangun lebih pagi untuk sahur. Kekurangan waktu tidur bisa rentan terpapar virus Covid-19 akibat sistem imun yang lemah. Penting bagi kita untuk mengatur pola tidur ideal selama enam jam agar kesehatan terjaga. Selain itu, imbangi juga dengan olahraga ringan dan minum air putih yang teratur sebanyak 8-10 gelas di waktu berbuka sampai sahur. 


Nah itu dia tips sederhana yang bisa diaplikasikan selama puasa di kala pandemi. Semoga dengan melakukan tips di atas, ibadah puasa kita bisa optimal dan kesehatan kita tetap terjaga. Semangat dan selamat menjalankan ibadah puasa ya! 😊


2 komentar:

  1. Wah sama nih, tim stok makanan untuk dua minggu ke depan hahahaha. Puasa puasa lelah ya kannn belanja pagi-pagi ke pasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, lebih baik stok biar nggak bolak-balik belanja 😆

      Hapus