Kamis, 28 April 2022

Cara Mengalokasikan Dana THR Secara Bijak

Salah satu hal yang ditunggu-tunggu menjelang hari raya Idul Fitri oleh para pekerja adalah Tunjangan Hari Raya atau THR. Pemerintah mengimbau perusahaan untuk memberikan tunjangan hari raya paling lambat 10 hari sebelum Lebaran bagi PNS dan 7 hari sebelum Lebaran bagi karyawan swasta. Kebanyakan dari kita ketika menerima uang THR mengelolanya kurang bijak. Dengan begitu, tak jarang uang THR yang datangnya lama, malah habisnya cepat. Nah di tulisan kali ini, aku akan berbagi tips mengelola uang THR secara bijak agar tidak cepat habis. Simak tulisanku sampai habis ya!





  1. Buat skala prioritas

Ketika kamu sudah menerima uang THR, maka hal pertama yang seharusnya dilakukan adalah mengenali kondisi keuangan kamu saat ini. Buatlah skala prioritas tentang kebutuhan primer yang harus dipenuhi dalam menyambut Idul Fitri. Buatlah daftar barang yang akan dibeli berserta anggaran pada setiap pengeluaran yang akan kamu lakukan. Dengan begitu arus kas pun akan terkendali dan kamu bisa tahu kemana uang akan dibelanjakan. Selain untuk kebutuhan primer, perhitungkan juga anggaran untuk kebutuhan sekunder dan tersier jika memang ada barang yang harus dibeli. Namun, ingat pada skala prioritas ya! Agar kamu terhindar dari membelanjakan barang-barang yang bukan prioritas. Ingat harus tetap fokus pada prioritas.


  1. Sedekah

Pasti kamu setuju kan kalau kebahagiaan kita akan bertambah jika kita berbagi dengan sesama. Aku jadi teringat ceramah salah satu Ustadz kemarin yang menyatakan bahwa salah satu amalan di 10 malam terakhir saat bulan ramadan adalah memperbanyak sedekah. Bersedekah merupakan bentuk rasa syukur kita terhadap nikmat yang telah Allah berikan, terutama masih dipertemukan di bulan suci ramadan. Selain sedekah wajib, seperti zakat fitrah dan zakat mal, bentuk sedekah lainnya bisa berupa uang, pangan, pakaian, dan lain-lain. Jadi, jangan lupa sisakan uang THR kamu untuk zakat fitrah dan bersedekah ya guna berbagi kebahagiaan dengan sesama umat Muslim.


  1. Menabung

Sudah mengalokasikan dana untuk menabung belum? Kalau belum, yuk mulai sekarang membiasakan menabung. Nah momen ketika kamu mendapatkan uang THR bisa menjadi peluang agar kamu menabung dan menghemat dengan lebih cermat. Menabung bisa untuk dana darurat atau untuk dana pensiun. Misalnya, dari uang THR kamu sisihkan sekitar 10 hingga 50% untuk menabung. Dengan mulai menabung, maka kamu akan terbiasa untuk lebih hemat. Kedepannya kamu juga bisa melakukan nabung rutin setiap bulannya dari uang gaji. Yuk semangat menabung demi masa depan yang lebih terjamin. 


  1. Investasi

Selanjutnya, kamu juga bisa menyisihkan uang THR yang kamu dapatkan untuk investasi. Dengan memulai investasi, maka kamu bisa mempersiapkan masa depan kamu dengan lebih aman dari segi finansial. Saat ini sudah banyak aplikasi investasi yang sudah terjamin keamanan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Salah satunya adalah Reksadana yang ramah bagi investasi pemula dan aman dengan menggunakan aplikasi Bibit. Banyak pilihan instrumen investasi yang bisa kita gunakan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan opsi investasi emas di Pegadaian atau yang lain. 


  1. Dana Hiburan

Selanjutnya, kamu juga harus memikirkan untuk dana hiburan karena kamu juga membutuhkan relaksasi sejenak baik saat libur lebaran ataupun public holiday lainnya. Agar pikiran lebih fresh dan sebagai bentuk healing dari padatnya Nah, mulailah membuat anggaran untuk berlibur. Jangan sampai liburan hanya membuang waktu dan anggaran, sehingga perlu perencanaan yang matang. Dari mulai menentukan destinasi liburan, akomodasi, biaya makan, itenary, hingga biaya belanja pribadi.


Nah itu dia lima cara mengalokasikan dana THR yang kamu terima. Perlu diingat tidak semua cara ini bisa diaplikasi, karena hal utama yang harus diingat adalah kamu harus mengetahui terlebih dahulu kondisi keuanganmu. Dengan begitu, dana THR pun bisa digunakan secara bijak.

Selamat mencoba 😊


Tidak ada komentar:

Posting Komentar