Rabu, 27 April 2022

Rekomendasi Kue Lebaran yang Tidak Biasa: Choux au Craquelin

Berbicara tentang Lebaran, maka tidak lepas dari kue-kue kering khas dan ikonik yang tak pernah absen menemani momen spesial ini. Sebut saja kue nastar, putri salju, kastengel, sagu, lidah kucing, dan masih banyak lagi. Namun, pernah kah kamu mencoba menghadirkan kue yang berbeda saat momen Lebaran agar lebih istimewa dan tidak membosankan? Nah, di tulisan kali ini, aku ingin merekomendasikan salah satu kue unik khas Prancis yang bisa kamu coba untuk menemani momen Lebaran kamu! 


Nama kue ini Choux au Craquelin ! Sudah pernah mendengarnya? Atau baru pertama kali? Sekilas memang namanya sangat Prancis dan terdengar asing ya, tetapi ternyata kue ini tidak asing di lidah Indonesia. Jadi, kalo di Indonesia kue ini mirip sekali dengan kue sus! Yup, betul kue sus yang berbentuk bundar dengan isi vla itu loh. 





Hal yang membedakan kue sus biasa dengan choux au Craquelin adalah sus Prancis ini dikemas dengan lebih kekinian. Dalam arti, secara tampilan pun merupakan versi upgrade dari sus biasa. Selain itu, Craquelin juga berarti renyah atau crunchy, sehingga saat menikmatinya ada sensasi renyah ketika digigit. Hal yang sama dengan sus biasa, choux au Craquelin memiliki isian yang manis dan lembut seperti vla. Lalu, bagaimana cara membuat choux au Craquelin ? Simak tulisan ini sampai habis ya! 


Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Untuk Craquelin

  • 70 gram mentega

  • 70 gram gula pasir

  • 70 gram tepung protein rendah

  1. Untuk vla

  • 500 ml susu

  • 6 butir kuning telur

  • 90 gram gula pasir

  • 450 gram tepung protein rendah

  1. Bahan choux

  • 100 ml air

  • 50 gram mentega asin

  • 70 gram tepung protein sedang

  • 2 butir telur

  • Baking powder

Cara membuat

  1. Langkah pertama membuat craquelin dengan cara mencampurkan ketiga bahan, yaitu mentega, gula pasir, dan tepung protein rendah. Kemudian, aduk hingga merata. Setelah itu, pindahkan ke atas plastic wrap, cetak bulat-bulat, dan simpan ke dalam freezer.

  2. Langkah kedua adalah membuat vla dengan cara siapkan wadah terlebih dahulu. Kemudian mencampurkan bahan-bahan vla, yaitu kuning telur dengan gula pasir, lalu aduk hingga merata sampai bertekstur creamy. Setelah itu masukkan tepung protein rendah, aduk hingga campur merata. Siapkan panci dan masukkan susu cair, panaskan dengan api sedang, masak hingga menghangat. Setelah itu, tuang susu ke dalam adonan sedikit demi sedikit.  Tuangkan adonan ke dalam panci, masak hingga mengental sambil diaduk. Setelah itu, angkat adonan dan tutup adonan dengan plastic wrap.

  3. Langkah ketiga adalah membuat choux. Langkah awal dengan cara mendidihkan air dan mentega atau margarin. Setelah itu, masukkan tepung dan baking powder. Lalu aduk hingga merata dan dinginkan. Setelah adonan dingin, masukkan telur dan aduk adonan hingga tercampur rata. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga.

  4. Siapkan loyang dan alasi dengan kertas roti. Tuang adonan (pada langkah tiga) ke dalam loyang dengan bentuk bulat. Kemudian keluarkan adonan craquelin (pada langkah satu), cetak adonan berbentuk bulat. Letakkan di atas adonan kulit sus (langkah tiga). Panaskan adonan ke dalam oven sampai kue matang. 

  5. Setelah kue matang dan keras, keluarkan dari oven dan dinginkan. Lubangi kue dan isi dengan vla (pada langkah dua). Lakukan sampai selesai dan jadi deh.


Bagaimana resep choux au craquelin? mudah bukan? Kamu bisa menonton video tutorial lengkapnya di channel berikut ya!


Choux au craquelin bisa menjadi opsi kue lebaran bagi kamu yang bosan dengan kue yang itu-itu saja. Choux au craquelin bisa divariasikan isian vlanya dengan berbagai macam rasa. Dan kue ini nikmat dinikmati dalam keadaan dingin, jadi jangan lupa masukan ke dalam kulkas dulu ya sebelum dimakan. Selamat mencoba dan selamat menikmati! 😆


2 komentar:

  1. Soo Yummy!! Bisa banget jadi kudapan hari raya!! Biar beda gitu kan sama tetangga hihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak, bisa dicoba nih kak 🥰

      Hapus