Kamis, 14 April 2022

Tujuan Menulis Blog yang Harus Diketahui

Hai teman-teman, apakah ada di antara kalian yang suka menulis? Jika iya, maka kita sama. Kalau kita terbiasa menulis di buku maka di era digital saat ini memungkinkan kita untuk menulis secara profesional di blog. Aku pribadi menggunakan platform blogspot untuk menumpahkan hobi menulisku. Berikut ini adalah tujuan aku ngeblog!






  1. Meningkatkan kemampuan menulis

Aku punya hobi membaca, lalu untuk menuangkan isi pikiranku maka aku menulis. Meskipun begitu, aku juga menyadari bahwa menulis itu tidak mudah karena kita harus menemukan ide, inspirasi, merangkai kata hingga kalimat yang baik. Dengan memiliki blog, maka kita akan terbiasa untuk menulis secara kreatif. Nah, tujuan awalku membuat blog ada menumpahkan ide, menuangkannya dalam tulisan, kemudian berharap agar kemampuan menulisku meningkat. Dengan rajin menulis blog secara teratur, maka kemampuan menulis pun akan perlahan meningkat. 


  1. Menuangkannya ide dan gagasan

Blog merupakan platform menulis yang bisa kita jadikan untuk tempat menuangkan pendapat, ide, dan gagasan. Selain itu, karena blog terintegrasi dengan internet, terutama Google, maka jangkauan audiensnya pun luas. Menulis adalah salah satu cara kita untuk menjangkau orang dengan ide yang kita punya. Mulai dari menulis hal yang kita rasakan, yang kita ketahui, hingga hal yang ingin kita tahu. Dengan tulisan di blog kita bisa berbagi cerita dengan orang lain, tanpa terbatas ruang dan waktu. Oleh karena itu, tujuan kedua aku untuk ngeblogging adalah ingin menuangkan ide dan gagasan yang ada di kepalaku. 

 

  1. Menginspirasi orang

Dengan menulis, kita dapat menginspirasi banyak orang. Tulisan yang kita tulisan di blog, akan memberikan impact pada banyak orang yang membaca tulisan kita. Tujuanku menulis di blog adalah ingin menginspirasi banyak orang melalui gagasan dan ide yang aku tuangkan lewat blog. Misalnya, setahun ke belakang ini aku menulis tentang Eco blog yang fokusnya pada lingkungan, kemudian ada banyak komentar positif yang aku dapatkan. Aku tidak menyangka bahwa banyak orang yang juga relate dengan tulisanku dan bahkan bisa menginspirasi pembaca. Selain itu, para pembaca blogku pun bisa mendapatkan insight baru. Aku berharap terus bisa menginspirasi banyak orang melalui tulisan yang aku buat di blog. 


  1. Mempelajari hal baru

Tujuanku selanjutnya ketika ngeblog adalah ingin mempelajari hal baru. Aku bisa melihat perkembangan pengetahuan yang aku miliki melalui tulisan di blogku. Hal ini bisa aku lihat bahwa adanya perbedaan tulisanku saat ini dengan tulisanku 10 tahun yang lalu di blog. Dulu saat awal menulis aku hanya menuangkan hal sederhana yang aku ketahui. Kemudian sekarang aku berproses, aku menulis hal-hal yang baru, seperti tentang eco blog. 


  1. Dokumentasi kisah pribadi

Menulis adalah menyimpan memori yang telah terjadi. Layaknya sebuah video atau foto yang menangkap suatu momen, maka tulisan juga bersifat sama. Blog seperti buku harian online. Tujuanku menulis di blog adalah untuk mendokumentasikan kisah pribadi. Dengan mendokumentasikannya melalui blog, maka kisah itu akan abadi. Kemudian di suatu hari depan nanti, aku akan bisa mengulang lagi memori itu dengan membaca tulisanku. Aku bisa membaca lagi kisah 10 tahun silam, kemudian merasa nostalgic


Nah itu dia lima tujuan aku ngelobbing dan mungkin masih banyak lagi hal yang tidak aku sebutkan di sini. Semoga aku selalu semangat untuk menerbitkan tulisan yang berkualitas di blogku. Semangat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar