Sabtu, 09 April 2022

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Puasa yang Wajib dicoba!

Bulan suci ramadan penuh dengan banyak keistimewaan bagi umat muslim. Bulan yang datangnya sekali dalam setahun ini tentu saja membuat kita merindukannya. Banyak sekali amalan-amalan yang bisa kita lakukan dan pahalanya berlipat ganda. Oleh karena itu, kita pun berlomba-lomba dalam kebaikan untuk bisa menerima rahmat, pahala, dan ampunan Yang Maha Kuasa. Berikut lima kegiatan bermanfaat yang bisa kita optimalkan di bulan suci ramadan. 




  1. Meningkatkan ibadah sholat

Sholat merupakan ibadah utama yang akan kita pertanggungjawabkan kelak di akhirat. Bulan ramadan adalah momen yang tepat untuk memperbaiki dan meninggalkan lagi ibadah sholat kita. Bukan hanya sholat wajib, tetapi sholat sunnah juga. Salah satu yang melekat dengan bulan suci ini adalah ibadah sholat tarawih yang biasa dilakukan berjamaah setelah sholat Isya. Bukan hanya itu saja, ada juga sholat malam yang sunnah lainnya, seperti sholat witir dan tahajud. Bulan puasa membuat kita terbangun di malam hari untuk sahur, nah momen ini bisa kita manfaatkan untuk menunaikan ibadah sholat tahajud yang biasanya sulit kita lakukan di bulan biasa. Di pagi hari, kita bisa menunaikan sholat sunnah dhuha yang punya manfaat banyak untuk diri kita. Yuk berlomba-lomba dalam kebaikan untuk meraup pahala yang besar dan berlipat ganda di bulan suci ini.

  1. Membaca Al Qur'an

Bulan ramadan adalah bulan Al Qur'an, mengapa begitu? Karena di bulan mulia ini al Qur'an diturunkan. Bulan mulia ini juga dijuluki sebagai syahrul Qur'an karena al Qur'an yang agung sebagai kitab suci umat muslim diturunkan kepada nabi Muhammad Saulallahu'alaihiwassalam. Oleh karena itu, yuk kita perbanyak membaca Al Qur'an dan belajar untuk mengkhatamkannya sampai 30 juz. Selain pahalanya berlipat ganda, kita juga bisa merenungi dan mentadaburi ayat suci Al Qur'an sebagai pedoman hidup kita. Kita bisa menggunakan beberapa strategi agar bisa mengkhatamkan Al-Qur'an satu bulan ramadan, misalnya dengan membuat plan membaca Alquran sehabis sholat 1 juz atau setengah juz, dan sebagainya.

  1. Bersedekah

Bersedekah bisa kita lakukan di waktu kapan pun. Namun, bersedekah di bulan ramadan memiliki keistimewaan tersendiri. Sebagaimana tertuang dalam hadist berikut.

“Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’” (HR At-Tirmidzi).

Dari hadits tersebut, kita bisa melihat bahwa bersedekah di bulan mulia ini punya keistimewaan tersendiri, yaitu pahalanya dilipatgandakan 10 sampai 700 kali lipat. Kemudian, sedekah juga bisa menghapus dosa kita, memberikan keberkahan pada harta yang kita miliki, dan dijanjikan surga. Masya Allah banyak sekali ya manfaat dari sedekah. Dewasa ini, bersedekah juga semakin mudah karena banyak platform untuk menyalurkan donasi secara online. Kita bisa memanfaatkan kemudahan ini. Jadi, yuk bersedekah!

  1. Safari Ramadhan

Safari ramadan adalah kegiatan bermanfaat yang dilakukan di bulan ramadan sebagai ajang silaturahmi sesama muslim. Misalnya kajian bersama ustadz untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa, buka puasa bersama, shalat Maghrib, Isya, dan tarawih berjamaah, lalu ceramah. Selain itu, bisa juga dalam bentuk kegiatan sosial, seperti bagi-bagi takjil, menghimpun sedekah, dan lainnya. Mengingat situasi pandemi yang masih terjadi hingga kini, maka kegiatan safari ramadan masih terbatas. Dengan begitu, kita juga bisa mengadakan acara safari ini secara hybrid, yaitu menggabungkan acara daring dan luring. Dengan mengadakan acara safari ramadan, maka pahala, silahturahmi, dan ukhuwah akan senantiasa terjaga.

  1. Ikut BPN Ramadan challenge

Menurutku, BPN Ramadan challenge bisa masuk dalam daftar kegiatan bermanfaat saat puasa. Dengan mengikuti kegiatan challenge menulis selama 30 hari bulan puasa yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network, maka ramadan kita bisa bermakna. Aku pribadi saat mengikuti challenge yang sudah memasuki ke-8 ini membuatku lebih bisa memaknai dan melihat lagi apa yang bisa aku tuangkan dalam tulisan di hari-hari bulan puasa. Dengan menulis, aku bisa melihat diriku sendiri dan bisa lebih mengenali diriku lagi. Aku pun melatih diriku untuk lebih bertanggung jawab atas pilihan yang aku buat, maksudnya karena aku sudah memutuskan untuk mengikuti challenge ini maka aku akan berusaha untuk menuntaskannya. Bismillah istiqomah! Jadi, yuk ikutan challenge-nya! 


Nah, itu dia lima kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan saat puasa. Tulisan ini juga sebagai reminder untuk diriku sendiri bahwa banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan di bulan suci ini. Jadi, mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan untuk memperoleh pahala yang berlipat ganda dan ampunan-Nya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar