Minggu, 03 April 2022

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Yogyakarta yang Wajib dikunjungi

Bulan suci ramadan selalu identik dengan berbagai aktivitas yang sering kita rindukan. Bulan yang datangnya sekali setahun ini membuat kita selalu menunggu datangnya momen puasa. Bulan puasa yang masih bertepatan dengan momen pandemi membuat aktivitas kita dibatasi. Namun tahun ini, berbagai aturan mulai terasa dilonggarkan sehingga kita bisa melakukan aktivitas di luar rumah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salah satu aktivitas yang kita rindukan di momen ramadan adalah ngabuburit. Kata ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang bermakna menunggu waktu berbuka puasa di bulan ramadan sambil melakukan aktivitas yang santai. Bagi kamu yang sedang berada di kota Yogyakarta, berikut rekomendasi tempat ngabuburit yang bisa kamu kunjungi.



1. Malioboro dan sekitarnya

Malioboro bisa dikatakan sebagai ikon tempat wisata Yogyakarta. Rasanya belum ke Jogja kalau belum ke Malioboro. Jika sedang di Jogja dan mau ngabuburit, maka Malioboro wajib ada di list kamu. Malioboro diasosiasikan sebagai tempat yang murah dan lengkap. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan "JJS" atau jalan-jalan sore sambil menikmati suasana Jogja. Kamu juga bisa sambil mencari jajanan untuk santapan takjil berbuka puasa maupun sambil berbelanja. Pasalnya saat ini area pejalan kaki lebih lega dan nyaman. Jika kamu malas untuk berjalan-jalan santai, maka duduk di bangku sambil menikmati suasana, mengamati kendaraan yang berlalu lalang adalah pilihan yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa berjalan ke arah Titik Nol Kilometer Yogyakarta yang tak kalah terkenalnya. Area ini merupakan persimpangan jalan yang tertata cantik dengan pemandangan gedung-gedung bergaya kolonial, salah satunya Kantor Pos Besar Yogyakarta. Jika kamu penggemar wisata kota tua, maka tempat ini merupakan pilihan tepat untuk ngabuburit. 


2. Museum Sonobudoyo

Ngabuburit sambil belajar sejarah, kenapa tidak? Di Yogyakarta juga terkenal dengan banyaknya museum sejarah. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah Museum Sonobudoyo yang berisi sejarah Jawa. Museum ini terletak di kompleks alun-alun utara Yogyakarta. Tiket masuk ke Museum Sonobudoyo terbilang murah, yaitu hanya Rp3000 saja. Selain itu, setiap malam terdapat pagelaran wayang kulit, wayang topeng panji, dan kesenian rakyat. Terdapat juga penayangan bioskop dari jam 4 sore hingga malam hari. Yup betul kamu bisa menonton film secara gratis, loh! Menarik bukan?



Namun, kamu harus memperhatikan jam buka museum ini ya. Di hari biasa, museum Sonobudoyo tutup di jam 16.00 dan libur setiap Senin. Biasanya jam operasional selama bulan ramadan berbeda dengan bulan biasa. Saranku jika kamu hanya ingin menikmati koleksi dalam museum, maka kamu bisa mengunjungi di jam menjelang sore, lalu lanjut berjalan ke arah Titik Nol Kilometer atau ke Malioboro untuk jalan-jalan sore. Hal yang perlu diperhatikan selama pandemi pengunjung harus menginstal aplikasi Peduli Lindungi untuk check in dan selalu mematuhi protokol kesehatan ya. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek akun Instagram resmi Museum Sonobudoyo ya. 


  1. Wisata Kuliner Pasar Sore Ramadhan

Ngabuburit asik sambil berwisata kuliner menjadi pilihan yang wajib dicoba. Di Yogyakarta sendiri terdapat berbagai pasar sore yang digelar selama ramadan. Sebut saja Teras Malioboro, Alun-alun Yogyakarta, Kampung Kauman, dan masih banyak lagi. Salah satu yang terkenal dan sudah diselenggarakan sejak puluhan tahun lalu adalah Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman Yogyakarta. Di sini terdapat banyak sekali jajanan tradisional nan menggugah selera yang wajib dicoba untuk takjil dan menu berbuka puasa. Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman merupakan yang otentik dan pelopor Pasar Sore Ramadhan sebelum sebanyak sekarang. Oleh karena itu, kamu wajib untuk menyambangi tempat ini. Waktu terbaik untuk mengunjunginya setelah sholat ashar, sebab mayoritas pedagang sudah buka tapi tidak terlalu ramai. Jika menjelang Maghrib atau waktu berbuka, pasar ini cenderung lebih padat dan ramai. Nah, untuk mengunjunginya kamu wajib menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak ya!


Itu dia tiga rekomendasi tempat ngabuburit asik di kota Yogyakarta. Jangan lupa untuk dimasukkan ke daftar tempat yang akan kamu kunjungi jika ke Yogyakarta saat bulan ramadan ya! Sampai jumpa di tulisan selanjutnya dan selamat menjelajahi tempat-tempat ngabuburit! ☺






Tidak ada komentar:

Posting Komentar