Selasa, 12 April 2022

3 Tips Blogging yang Ingin Dicoba

Hai di tulisan kali ini masih berkaitan dengan BPN Ramadan Challenge 2022 nih dan minggu ini bertemakan tentang blog. Blogging merupakan hobi yang sudah aku geluti sejak 2012 ketika masih SMP. Saat itu platform pertama blog yang aku gunakan adalah Blogspot, karena mudah digunakan dan tidak berbayar alias gratis. Pertama kali memutuskan untuk menggeluti blog tujuannya adalah untuk menyalurkan hobi menulis dan tidak memiliki skill apapun dalam per-blogging-an. Selain itu, tulisan di blogku pun sangat random alias tidak spesifik. Seiring dengan berjalannya waktu, aku pun ingin mencoba tips blogging berikut ini.



  1. Artikel SEO friendly

Sepengetahuanku Search Engine Optimization atau SEO merupakan optimasi mesin pencari yang memungkinkan website kita mendapatkan rangking teratas di hasil mesin pencarian Google. Dengan membuat artikel yang SEO friendly, maka Google akan mengenali dan website pun dapat menjaring potensi traffic yang banyak. Oleh karena itu, aku ingin bisa membuat artikel yang SEO friendly sehingga bisa menjaring lebih banyak audiens yang mampir ke blogku. Dengan begitu, traffic di web pun akan banyak dan blogku dikenali oleh Google. Menurut sumber yang aku baca, ada beberapa cara untuk membuat artikel SEO friendly, misalnya dengan meriset kata kunci yang sedang populer. Cara riset kata kunci bisa dengan menggunakan beberapa tools, salah satunya dengan Google Trends. Kata kunci juga perlu disebutkan di dalam judul dan membuat sub judul. Hal yang perlu digaris bawahi adalah kita tidak boleh menyebutkan kata kunci yang terlalu banyak. Kita harus membuat kata kunci yang sesuai porsinya. Namun, sejauh ini tidak semua artikel yang aku buat selalu melakukan riset kata kunci di Google Trends, sehingga tentu saja hasilnya tidak terlalu bagus. Oleh karena itu, aku ingin bisa memiliki kebiasaan untuk selalu riset kata kunci, sehingga peluang artikelku masuk dalam rangking atas mesin pencarian Google. Sebenarnya, ilmu tentang SEO itu luas cakupannya dan aku belum memahami sepenuhnya, sehingga aku ingin mempelajarinya lebih jauh lagi.  


  1. Niche

Aku menyadari bahwa selama ini blogku masih “gado-gado” alias belum memiliki niche yang jelas. Awalnya memang aku sudah mengkonsepkan blogku untuk di niche traveling saja, tetapi aku pun ingin membuat artikel yang lebih luas. Aku menyadari bahwa niche yang sempurna membuat gambaran luas terhadap masa depan blog. Ketika dulu (mungkin hingga saat ini), aku hanya menulis artikel yang sesuai dengan keinginanku dan yang terlintas dalam pikiranku. Namun, hal itu bukanlah strategi yang bagus untuk blog jangka panjang. Jangan menjadi segalanya bagi semua orang, jadilah unik. Menjadi unik dengan memiliki topik yang jelas, maka akan membuat blog memiliki arah yang jelas. Oleh karena itu, aku ingin memiliki niche yang jelas, sehingga topik yang dibahas dalam blog pun bisa terarah. 


  1. Google Analytic 

Aku ingin menerapkan tips Google analytic untuk website blogku karena aku pikir ini akan berguna. Dengan menerapkan Google Analytic, maka memungkinkan kita untuk mengetahui data pengunjung website kita. Misalnya demografi pengunjung, jumlah pengunjung, gender, asal lokasi, lama kunjungan, kata kunci yang dicari, halaman website yang paling populer, artikel yang paling disukai pengunjung, dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui data-data tersebut, maka aku bisa mengembangkan tulisanku, menganalisis jenis tulisan apa yang paling diminati, dan mengetahui lebih dalam tentang pengunjung website. Selama ini aku belum menerapkan Google Analytic. Sebenarnya aku pernah mencoba untuk menerapkannya, tetapi belum berhasil. Semoga saja jika aku mencoba lagi untuk menerapkannya, maka akan berhasil.



Nah itu dia 3 tips blogging yang ingin aku coba karena selama ini belum berhasil mencobanya. Semoga ke depannya aku bisa menerapkan ketiga tips di atas. Semangat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar