Rabu, 13 April 2022

3 Alasan Menggunakan Platform Blogspot

Hai teman-teman, di tulisan kali ini masih seputar BPN Ramadan Challenge yang di minggu ini temanya seputar blog, nih. Untuk tulisan kali ini akan membahas mengenai alasan mengapa menggunakan platform blog yang saat ini digunakan. Seperti yang sudah aku mention di tulisan sebelumnya bahwa pertama kali aku blogging itu pada tahun 2012 dengan menggunakan platform blogspot. Tujuan awalnya hanya ingin menyalurkan hobi menulis apapun dan bisa berbagi pemikiran di internet. Nah ini alasan mengapa aku menggunakan platform Blogspot.




  1. Terintegrasi dengan Google

Blogger sendiri merupakan platform layanan penerbitan blog yang dimiliki oleh Google. Blogger sendiri memiliki sub domain blogspot.com. Alasan aku memilih untuk menerbitkan artikel blog di blogger karena awalnya hanya mengenal blogspot. Lalu menyadari bahwa Blogger terintegrasi dengan Google, sehingga banyak fitur terintegrasi dengan dengan Google. Misalnya dengan fitur Adsense, Google analytic, adwords, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengguna Blogger juga secara otomatis mendapatkan sertifikat SSL untuk blognya. Dengan adanya sertifikat SSL (Secure Socket Layer) memungkinkan sebuah website lebih aman dan terenkripsi, sehingga blog terhindar dari upaya peretasan.


  1. Dapat mengubah alamat web ke nama domain bereksistensi com

Alasan yang kedua aku adalah dengan menggunakan blogspot, maka blog akan dengan mudah mengubah alamat web. Aku pribadi baru menggunakan domain .com dan mengubah blogspot.com saat tahun 2019. Selain itu, biayanya juga murah dan kita hanya membelinya domainnya saja tanpa perlu menyewa hosting. Dalam pengelolaan pun mudah, yakni kita hanya perlu login ke akun blogspot. Kita bisa membeli domain di web hosting yang jumlahnya banyak dan menawarkan jasa domain. Kita bisa menyesuaikan pembelian untuk jangka waktu berapa lama semau kita dengan budget yang bisa kita atur. 


  1. Mudah digunakan

Saat pertama kali aku menggunakan blogspot, aku langsung bisa menggunakannya dengan mudah. Hal ini karena secara tampilan dan pengaturannya sederhana, sehingga kita bisa beradaptasi dalam menggunakannya (user-friendly). Untuk aku yang saat itu masih anak SMP yang belum terlalu melek digital, menurutku blogspot adalah pilihan yang tepat. Terdapat banyak pilihan tema yang bisa diaplikasikan ke blog kita, sehingga lebih menarik. 


Nah itu dia tiga alasan mengapa aku menggunakan platform blogger saat ini. Ini tentu saja opini pribadi sehingga pendapatku belum tentu 100% benar. Terlebih selama ini aku hanya menggunakan platform blogger tanpa mencoba platform lainnya, sehingga tidak bisa membandingkannya. Alasan yang aku sebutkan di atas pun hanya sebatas kelebihannya saja yang selama ini aku rasakan dan sebenarnya masih banyak juga kekurangannya. Apapun platform yang kamu gunakan, tetap semangat blogging!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar