Jumat, 29 April 2022

Belanja Online vs Belanja Offline? Mana yang Lebih Baik?

Dengan berkembangnya teknologi internet saat ini berpengaruh juga pada cara kita berbelanja. Jika dulu belanja harus datang langsung ke toko fisik (offline store), maka tidak untuk sekarang. Kita bisa mendapatkan apapun dalam genggaman tangan kita. Dengan klik, kita bisa menemukan banyak barang yang kita butuhkan di internet. Selain itu, e-commerce di Indonesia pun berkembang sangat pesat. Dengan juga didukung kemudahan dalam pembayaran, maka belanja online pun semakin mudah. Namun di balik kemudahannya, belanja online juga kadang membuat kita takut karena rentan akan keamanannya. Lalu, apa saja sih keuntungan belanja online? Mana yang lebih baik? Belanja online atau offline? Simak tulisan ini sampai habis ya! 




  1. Efektif dan efisien

Berbelanja secara online berarti kita tidak perlu datang langsung ke toko. Kita hanya membutuhkan gadget, jaringan internet, dan uang untuk melakukan transaksi belanja. Dengan begitu, hal ini lebih efektif dan efisien. Apalagi jika kita memiliki kesibukan yang banyak atau kita terlalu mager untuk datang ke toko fisik. Maka berbelanja online dengan kepraktisannya menjadi keunggulan sendiri. Kita hanya perlu beberapa klik, beberapa menit, lalu menunggu sampai barangnya dikirim. Bahkan ada jasa pengiriman same day atau instan, sehingga barang lebih cepat sampai. 


  1. Anti Bingung

Berbelanja online menawarkan banyak kemudahan dan pastinya membuat kita anti bingung dalam memilih barang. Sebab, di online shop disediakan barang-barang yang variatif yang bisa kita lihat dalam satu waktu dan disesuaikan dengan selera kita. Kita pun bisa membandingkan harga antara satu toko dengan toko lainnya. Selain itu, ada fitur yang bisa memfilter harga dari range termahal hingga termurah. Dengan begitu, kita tidak perlu bingung lagi dalam memilih barang yang ingin kita beli. 


  1. Bisa membandingkan harga dengan mudah

Jika berbelanja secara langsung di toko fisik, kita harus bolak-balik ke toko satu dengan toko lainnya guna membandingkan harga yang pas di kantong, tetapi tetap berkualitas. Tentu saja hal itu sangat merepotkan. Namun, ketika berbelanja secara online, kita tidak perlu capek-capek lagi untuk safari ke toko satu dengan lainnya. Kita lebih mudah membandingkan harga di satu toko dengan toko lainnya dengan cara mengetik akun atau mencari tahu di websitenya. Karena sekarang e-commerce juga sudah menjamur, maka kita bisa membandingkan harga barang antar satu online shop dengan yang lainnya dan di e-commerce yang berbeda. Biasanya walaupun masih satu toko, tapi harga di e-commerce juga berbeda. Jadi kita sebagai konsumen juga harus pintar-pintar dalam memilih produk yang akan kita beli ya.


  1. Banjir promo 

Selanjutnya, keuntungan berbelanja secara online adalah mendapatkan banyak promo. Promo bisa berupa saat kita mengikuti online shop tersebut terkadang ada potongan harga. Selain itu, online shop juga sering mengadakan live shopping dengan harga yang lebih murah. Ada juga flash sale dengan menawarkan potongan harga. Terdapat juga cashback yang bisa kita manfaatkan, loh. Tidak berhenti sampai di situ saja, di e-commerce juga sering ada potongan ongkos kirim atau bahkan gratis ongkir jika kita membeli dalam nominal tertentu. Hal ini lah yang membuat kita lebih mudah dalam berbelanja online. Sebagai konsumen, kita juga harus pintar memanfaatkan momen agar bisa menemukan barang yang kita butuhkan dengan harga yang lebih murah.


  1. Kemudahan dalam pembayaran

Dengan menjamurnya online shop dan e-commerce didukung juga dengan adanya kemudahan dalam pembayarannya. Hal ini membuat kita semakin mudah dalam melakukan transaksi belanja secara online. Kemudahan pembayaran berupa transfer antar bank, cash on delivery, dan ada juga opsi pay later. Selain itu, didukung juga dengan adanya aplikasi jasa sistem pembayaran yang memungkinkan kita untuk membayar menggunakannya tanpa transaksi bank.


Selain berbagai kemudahan yang ditawarkan, belanja online juga ada beberapa poin minusnya, loh. Apa saja sih kekurangan dari belanja online? Nah berikut ini yang aku rasakan.

  1. Tidak bisa melihat atau mencoba barang secara langsung

Kekurangan yang pertama adalah kita tidak bisa mencoba barang secara langsung seperti saat kita belanja offline. Terutama saat membeli barang yang membutuhkan ukuran, seperti pakaian dan sepatu atau sandal. Pengalaman pribadiku pernah membeli sepatu yang kebesaran padahal secara ukuran aku memilih size yang biasa aku pakai dan sudah diukur juga untuk memperkirakan panjang kaki agar sesuai. Namun ternyata saat sampai ukurannya lebih besar. Selain sepatu, ada juga pakaian. Terkadang untuk orang dengan tubuh kecil atau besar memilih pakaian merupakan PR sendiri, apalagi kalau belanja online. Rasanya ingin membeli tapi takut ukurannya tidak sesuai dan ujung-ujungnya tidak bisa terpakai. Nah oleh karena itu, kita juga sebaiknya memastikan lagi sebelum membeli dengan cara bertanya secara detail kepada penjual dan membaca ulasan.


  1. Tidak sesuai ekspektasi

Selanjutnya, poin minus saat belanja online adalah barang yang kita beli ternyata tidak sesuai ekspektasi. Banyak juga meme yang beredar tentang hal ini. Saat kita melihat etalase online shop ini tampaknya sangat bagus secara penampilan barangnya dan rasanya cocok sekali kalau kita pakai. Namun ternyata saat sudah sampai barang tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Akhirnya malah kita yang merugi karena sudah membeli. 


  1. Keamanan yang kurang

Kemarin aku membaca sebuah thread Twitter yang menceritakan bahwa dia telah membeli sebuah I-phone di online shop dengan menggunakan jasa pengiriman yang terkenal dan dikirim secara instan. Namun, barang tersebut tidak sampai di tempat tujuan dan kurirnya tidak dapat dihubungi, tetapi status pengiriman telah berhasil. Bukan hanya sekali saja kasus ini terjadi, karena ternyata belanja online minusnya adalah keamanannya yang kurang. Apalagi kalau kita membeli barang berharga atau barang elektronik. Nah mungkin kalau kita ingin membeli barang elektronik sebaiknya belanja secara offline saja agar lebih terjamin keamanannya ya. 


  1. Kalap berbelanja

Kemudian dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan saat belanja online, poin minusnya adalah membuat kita kalap berbelanja. Seringkali tanpa kita sadari, kita membeli banyak sekali barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Hanya karena barang tersebut murah, sedang diskon, atau karena lucu. Nah, oleh karena itu dibutuhkan juga untuk kita selalu bijak dalam berbelanja. Buatlah skala prioritas barang mana yang sekiranya dibutuhkan dan ingin dibeli. Kemudian sebelum membeli, kita juga harus berpikir dua kali apakah barang ini benar-benar kita butuhkan atau kita hanya kalap (lapar mata) saja melihat harganya yang murah? 


Nah itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan dalam berbelanja online. Tidak bisa kita pungkiri bahwa dengan perkembangan teknologi membuat kita mudah dalam melakukan banyak hal, termasuk berbelanja. Namun, ternyata kita juga masih memerlukan belanja secara offline guna memastikan bahwa barang yang kita beli benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai konsumen, kita juga perlu untuk bijak dalam berbelanja ya. 😊



Tidak ada komentar:

Posting Komentar