Senin, 04 April 2022

Menu Buka Puasa Praktis untuk Penderita Asam Lambung

Bulan ramadan merupakan bulan yang  dinantikan oleh umat muslim, karena di bulan suci ada kewajiban berpuasa selama sebulan lamanya. Ketika puasa selama seharian, momen berbuka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu untuk melepas dahaga dan lapar. Terkadang kita juga bingung menentukan menu untuk berbuka puasa. Biasanya setiap sore ada banyak orang yang berjualan takjil memanfaatkan seasonal marketing. Namun kebanyakan pedagang menjual takjil yang tidak ramah untuk penderita asam lambung, seperti berbagai jenis gorengan. Oleh karena itu, di tulisan ini aku ingin membagikan menu buka puasa yang praktis dan wajib dicoba untuk penderita asam lambung. Tulisan ini berdasarkan pengalamanku sang penderita asam lambung. Simak sampai habis ya!


Mengawali dengan Air Putih dan Kurma

Sebagai hidangan pembuka, kamu sebaiknya membatalkan puasa dengan meminum air putih terlebih dahulu. Kemudian jangan lupa untuk memakan 3 butir kurma. Mengapa begitu? Karena perut yang kosong saat puasa harus dibuka dengan minum air putih dan kurma agar perut bisa beradaptasi dan tidak kaget. Pasalnya jika langsung makan berat, maka perut akan kaget dan asam lambung akan naik. Selain itu anjuran berbuka puasa dengan kurma juga tertuang dalam hadist yang berbunyi:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.” (HR. Ahmad, Abu Dawud).




Makan Oatmeal yang tinggi serat

Oatmeal bisa jadi pilihan menu berbuka puasa bagi penderita asam lambung, karena mengandung serat yang tinggi. Selain menyehatkan, kandungan serat larutnya ampuh untuk membantu meringankan gejala asam lambung, maag, dan penyakit jantung, loh. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika mengonsumsi oatmeal pilihlah topping yang sesuai. Misalnya jika kamu mau menambahkan topping buah-buahan, maka jangan pilih buat yang bisa memicu asam lambung, seperti buah jeruk. Sebaliknya, pilihlah buah yang baik untuk penderita asam lambung, seperti pisang, pepaya, apel, melon, semangka, dan sejenisnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengolah oatmeal dengan beberapa cara. Misalnya dengan  overnight oatmeal dengan susu dan tambahan topping yogurt dan buah-buahan favorit. Selain itu, kamu juga bisa mengolah oatmeal menjadi oat risotto yang memiliki cita rasa asin ala risotto Italia.




Roti Gandum

Jika kamu ingin buka puasa dengan makanan yang praktis dan aman untuk lambung, maka roti gandum bisa menjadi pilihan. Namun, kamu harus memperhatikan label dalam kemasan ketika membelinya ya. Pilihlah roti gandum dengan label gandum utuh 100%, seven grain, atau multigrain. Hal ini karena semakin tinggi serat yang terkandung dalam roti gandum, maka semakin minim gejala yang dialami. Selain itu, gandum utuh lebih segar dan mengandung lebih banyak nutrisi dan vitamin. Hal yang perlu digaris bawahi adalah jika kamu merasakan gejala asam lambung naik ketika mengonsumsinya, maka sebaik kamu jangan melanjutkan mengonsumsinya ya. 


Sayur bayam

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Begitu juga dengan sayuran. Salah satu jenis sayuran yang aman dikonsumsi oleh sobat asbung adalah sayur bayam. Sayur bayam tidak mengandung gas seperti kebanyakan sayur lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya jangan mencampur sayur bayam dengan sayur lainnya yang justru akan memicu asam lambung, seperti sawi, kol, lobak, nangka. Sebaiknya kamu mengonsumsi bayam dengan diolah menjadi sayur bening ya. Selain mudah dan praktis membuatnya, juga kaya akan kandungan baik untuk tubuh. Kamu juga bisa menggunakan sayur lainnya yang ramah untuk sobat asbung, seperti brokoli, asparagus, kacang hijau.




Nah itu dia rekomendasi hidangan berbuka puasa yang bisa dicoba untuk kamu sobat asbung. Apa favorit menu berbuka puasa versi kamu? Coba beri komentar di bawah ya! 

Jangan lupa dicoba ya! Selamat berbuka puasa 😇


Tidak ada komentar:

Posting Komentar