Sabtu, 30 April 2022

Destinasi Wisata Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Sedang mudik ke Cirebon atau berencana berlibur ke Cirebon? Di tulisan kali ini, aku akan merekomendasikan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika ke Cirebon. Cirebon yang secara administratif di Jawa Barat dan berbatasan Jawa Tengah, menyajikan berbagai destinasi wisata variatif yang bisa kamu sambangi. Bentang alamnya yang terdiri dari lautan hingga pegunungan membuat kamu bisa mencoba tempat wisata apa saja sesuai dengan apa yang kamu mau. Selain itu, sejarah yang tersembunyi di tempat historis juga bisa kamu ulik. Nah, berikut ini beberapa destinasi wisata rekomendasi untuk kamu ketika ingin berkunjung ke Cirebon atau sekadar melewati Cirebon saat ingin ke Jawa Tengah atau Jawa Timur. Simak tulisanku sampai habis ya!





  1. Keraton

Jika kamu menyukai wisata sejarah, maka berwisata ke Keraton wajib kamu coba. Cirebon memiliki tiga keraton dengan sejarahnya masing-masing, yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kanoman. Di dalam Keraton juga terdapat museum yang menceritakan asal-usul Cirebon dengan segudang cerita sejarah yang menarik untuk diulik. Biasanya di setiap akhir pekan juga ada pertunjukan seni yang seru untuk ditonton. Untuk kamu yang menyukai arsitektur, keraton juga menarik untuk ditilik karena bangunan masing-masing keraton memiliki arsitektur yang unik. Terdapat juga berbagai benda koleksi sejarah, lukisan, kerajinan keramik, dan masih banyak lagi. Di komplek keraton juga terdapat masjid unik yang bisa kamu sambangi, misalnya di komplek Keraton Kasepuhan terdapat Masjid Sang Cipta Rasa dengan keunikan Adzan Pitu dan arsitekturnya. 

Lokasi Keraton Kasepuhan: Jalan Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114

Lokasi Keraton Kacirebonan: Jl. Pulasaren, Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45116

Lokasi Keraton Kanoman: Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111


  1. Gua Sunyaragi

Masih menyukai sejarah? maka pilihan destinasi selanjutnya adalah Gua Sunyaragi. Kalau di Yogyakarta ada Taman Sari Keraton Yogyakarta, maka di Cirebon ada Gua Sunyaragi. Dahulu, Taman Sari Gua Sunyaragi berfungsi sebagai tempat bermeditasi para pemuka keraton atau keluarga sultan. Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan cagar alam yang bangunannya berupa gua-gua dan dikelilingi kolam-kolam air. Kompleksnya sangat luas dan secara arsitektur sangat unik. Di Taman Sari Gua Sunyaragi, kamu bisa mempelajari sejarah Cirebon juga karena bangunan ini merupakan bagian dari Keraton Kasepuhan, tetapi secara lokasi berjauhan. Selain itu, di Gua Sunyaragi juga sering mengadakan pagelaran seni musik, sendratari, dan tempat Festival Keraton Nusantara, loh. 

Lokasi Taman Sari Gua Sunyaragi: Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132


  1. Kawasan Kota Tua Cirebon

Sebagai tempat yang bersejarah, Cirebon juga memiliki kawasan kota tua loh. Tidak kalah seperti kota tua Jakarta, Yogyakarta, maupun Semarang, Cirebon juga memiliki potensi wisata kota tua. Lingkungannya yang tetap terjaga dengan bangunan-bangunan tua, maka cocok sekali untuk dinikmati sore hari sambil berfoto-foto ria. Sebab, kawasan kota tua masih merawat bangunannya yang penuh sejarah sama seperti dahulu kala sehingga sangat instagramable. Sebenarnya kawasan kota tua Cirebon letaknya sangat banyak, tetapi sayangnya belum dikelola secara maksimal. Misalnya di jalan Pasuketan terdapat ikon kota tua yang menjadi tempat favorit orang-orang berfoto, yaitu Gedung BAT Cirebon (British American Tobacco) yang dibangun pada tahun 1917 yang telah menjadi saksi perkembangan perekonomian Cirebon. Kemudian tak jauh dari situ di jalan Yos Sudarso terdapat gedung Bank Indonesia Cirebon yang sampai sekarang masih digunakan dan sangat eksotik. Berjejer di jalan Yos Sudarso bangunan-bangunan tua yang eksotik, yaitu kantor pos Indonesia, gedung bank Mandiri, tugu 0 kilometer Cirebon, dan masih banyak lagi. Namun, sayangnya potensi wisata ini masih belum dikembangkan secara maksimal oleh Pemkot Cirebon. 


  1. Cirebon Waterland

Tidak jauh di lokasi nomor tiga, masih di kota Cirebon terdapat tempat wisata air yang bernama Cirebon Waterland. Sebenarnya, tempat wisata ini sudah berdiri sejak lama sekali dengan nama Taman Ade Irma Suryani. Dulu, tempat ini menjadi satu-satunya tempat rekreasi di Cirebon. Kemudian tempat wisata ini melakukan rebranding dengan wajah baru pada tahun 2014. Bukan hanya menampilkan waterboom saja untuk bermain air, tetapi juga terdapat seaview cottage yang bisa dijadikan tempat menginap dan juga terdapat restoran berbentuk kapal. Ada juga dermaga bambu sejauh 1 km yang berujung pada gazebo. Di gazebo, kamu bisa menikmati pemandangan laut dengan angin sepoi-sepoin. Dengan begitu, berwisata ke Cirebon Waterland menjadi daya tarik sendiri karena bukan hanya menawarkan wisata air saja, tetapi juga pemandangan laut lepas yang meneduhkan. Selain itu, tempatnya juga sangat instagramable loh. Kamu bisa berfoto-foto ria di kolam, dermaga, restoran, bahkan di cottagenya. Aksesnya pun mudah karena lokasinya berada di tengah kota Cirebon, di dekat pelabuhan Cirebon. 

Lokasi Taman Ade Irma Suryani Cirebon Waterland: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111


  1. Wisata Hijau

Selanjutnya ada wisata hijau, maksudnya di sini tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang hijau menyegarkan mata. Secara geografis letak Cirebon ada di dataran rendah dan dikelilingi juga oleh daerah-daerah dataran tinggi, seperti Kuningan dan Majalengka. Misalnya, Wisata Bukit Gronggong yang menawarkan view yang indah dengan banyaknya pepohonan hijau. Di Bukit Gronggong, kamu bisa menikmati makanan di cafe dengan view yang instagramable. Jarak dari pusat kota Cirebon ke Gronggong sekitar 10 km. Letaknya di daerah Beber, kabupaten Cirebon. Fasilitasnya lengkap dan harga tiketnya terjangkau. Selain itu, ada juga objek wisata Batu Lawang yang menawarkan keindahan alam bebatuan yang terbentuk dari proses alam. Selain menjadi spot foto, tempat ini juga menawarkan wahaya flying fox, panjat tebing, dan ATV. Batu Lawang terletak di Gempol, Kabupaten Cirebon. 

Selain dua tempat tadi, kamu juga bisa melipir ke daerah Kuningan atau Majalengka untuk mengunjungi tempat wisata hijau yang lebih banyak lagi. Misalnya di Majalengka terdapat kebun teh Cipasung yang menawarkan pemandangan kebun teh yang sangat indah. Kemudian, di Kuningan bisa mampir ke Natural Park Linggarjati, Waduk Darma, Telaga Biru, dan masih banyak lagi.


Bagaimana, banyak sekali kan pilihan destinasi wisata di Cirebon, Jawa Barat? Oleh karena itu, jika kamu berkesempatan berkunjung ke sana jangan lupa mengunjungi tempat wisata di atas ya! Eitsss selain tempat wisata, Cirebon juga menawarkan beragam kuliner yang menggugah selera, loh. Penasaran? Nanti aku tulis di post selanjutnya ya! 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar