Sabtu, 27 Juli 2019

Masjid Unik di Cirebon: Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah Masjid yang diklaim sebagai salah satu yang tertua di Cirebon. Dibangun pada  1480 M oleh Sunan Gunung Jati yang merupakan tahun di mana Islam di tanah Jawa sedang berkembang. Masjid ini terletak di komplek Keraton Kasepuhan Cirebon, sebelah barat alun-alun keraton Kasepuhan, tepatnya berlokasi di Jalan Keraton Kasepuhan 43, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon.
Masjid Sang Cipta Rasa merupakan masjid yang memiliki banyak keunikan, mengapa begitu? Karena masjid ini memiliki sejarah yang panjang dan ada tradisi yang unik loh di masjid ini, yaitu tradisi azan pitu. Dari namanya saja sudah unik, ya nama masjid ini tidak seperti nama-nama masjid kebanyakan yang biasanya bernuansa islami. Masjid Sang Cipta Rasa terdiri dari tiga kata, sang berarti keagungan, cipta berarti dibangun, dan rasa yang berarti digunakan. Secara kesuluruhan Sang Cipta Rasa bermakna bangunan yang agung.
Arsitektur masjid ini adalah Sunan Kalijaga dan Raden Sepat yang ditunjuk oleh Sunan Gunung Jati. Gaya arsitektur masjid ini perpaduan antara gaya jawa dan hindu majapahit yang bisa kita lihat seperti pada gapura, atap, dan berbagai ukiran-ukiran unik di dalamnya. Masjid ini terdiri dari beranda dan ruangan utama, di mana dari beranda masjid ke ruangan utama terdapat sembilan pintu yang melambangkan Wali Songo. Di bagian mihrab terdapat tiga buah ubin yang dipasang oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga. Tiga buah ubin tersebut melambangkan tiga pokok ajaran agama, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan.

Jadi, teman-teman jika punya kesempatan berkunjung ke Cirebon, jangan melewati kunjungan ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa ya! Selain bisa berwisata religi, kita juga bisa belajar banyak hal dari sebuah bangunan masjid bersejarah ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar