Jumat, 26 Juli 2019

BT Batik Trusmi: Ikon Wisata Batik Cirebon

Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang eksistensinya perlu kita jaga agar tetap bisa bertahan dan semakin dikenal oleh masyarakat dunia. Keeksistensian batik telah diperkukuh oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada Oktober 2009. Dalam hal itu, batik Indonesia telah diakui sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan NonBendawi (Masterpieces of The Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Sebagai generasi muda penerus bangsa sudah sepantasnya kita melestarikan warisan budaya bangsa kita agar keberadaannya tetap terjaga di tengah arus globalisasi dan modernisasi saat ini. Banyak sekali upaya yang dapat kita lakukan dalam rangka melestarikan batik Indonesia agar keberadaannya tetap terjaga dan dikenal oleh khalayak umum, di antaranya adalah bisa dengan mempelajari cara membuat batik, menggunakan produk batik, dan mempromosikan batik.
Salah satu pelaku industri kreatif batik terbesar di Indonesia adalah BT Batik Trusmi. BT Batik Trusmi merupakan toko batik berkonsep department store pertama di Indonesia yang menjual berbagai macam produk batik dari pengrajin batik tradisional di Desa Trusmi. Letak BT Batik Trusmi berada Jalan Syekh Datul Kahfi No. 148, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Aksesnya mudah dijangkau yaitu sekitar 15 menit dari Kota Cirebon ke arah Bandung, dari perempatan Plered belok ke kanan terdapat gapura bertuliskan “Kawasan Batik Trusmi”.


BT Batik Trusmi memiliki tag line “BTAlways Batik” yang terdengar menarik dan eye catching. Jika mengunjungi showroom BT Batik Trusmi kita akan dibuat kagum karena "toko" batik berkonsep department store itu sangat luas, besar, dan nyaman. Maka wajar saja, store BT Batik Trusmi selalu ramai dikunjungi para wisatawan. BT Batik Trusmi bukan hanya menjual kain batik produk asli dari pengrajin batik tradisional, tetapi terdapat produk-produk lain dari batik seperti baju, pernak-pernik dari batik, aksesoris batik, dan tak lupa juga berbagai macam oleh-oleh khas Cirebon, seperti kerupuk melarat, sirup tjampolay, terasi, kerupuk udang, dan masih banyak lagi. Oiya, di showroom BT Batik Trusmi ini memiliki interior yang instragamable loh, kita bisa mengambil foto dengan latar belakang batik mega mendung dan lukisan-lukisan lainnya yang sangat menarik.

Setelah puas berbelanja, di komplek BT Batik Trusmi terdapat restoran dengan nama Batik Kitchen yang mana di sini kita bisa menikmati berbagai jenis makanan khas Cirebon, seperti empal gentong, nasi lengko, nasi jamblang, tahu gejrot, dan masih banyak lagi. Selain bisa berbelanja batik dan menikmati makanan khas Cirebon, di BT Batik Trusmi juga kita bisa belajar bagaimana cara membatik. Wah menarik sekali ya mengunjungi BT Batik Trusmi, selain bisa berwisata belanja, kita juga bisa berwisata edukasi.
Batik tentu saja memiliki potensi wisata yang sangat tinggi karena sebagai warisan budaya bangsa, batik perlu dikenal secara langsung oleh wisatawan dari mulai cara membuatnya sampai dengan hasil produknya. Oleh karena itu dengan membentuk wisata batik adalah salah satu ajang promosi batik. Salah satunya di kampung batik Cirebon, BT Batik Trusmi yang berhasil menjadi ikon wisata Cirebon yang terkenal. Untuk meningkatkan pariwisata batik agar semakin dikenal tentu saja membutuhkan kontribusi banyak pihak, dari mulai diri kita sendiri, pemerintah daerah hingga pemerintah pusat. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata meluncurkan brand wisata baru yang bernama Pesona Indonesia yang bermakna bahwa Indonesia memiliki potensi wisata yang kaya dan memesona, mulai dari tempat wisata hingga produk budaya, yaitu batik.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus bangga dengan warisan budaya bangsa kita sendiri. Kontribusi kita dalam menjaga dan melestarikan batik merupakan implementasi kebanggaan kita terhadap warisan budaya bangsa. Salah satu contohnya ketika kita sering memakai produk batik dan mempromosikan wisata batik berarti kita berperan serta dalam mendukung eksistensi produk lokal bangsa kita dan dengan begitu kita bisa mendorong roda perekonomian lokal sehingga masyarakat Indonesia semakin sejahtera. Oleh karena itu mulai sekarang marilah kita bangga berbatik! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar