Jumat, 26 Juli 2019

Nasi Lengko H. Barno: Salah Satu Kuliner Autentik Cirebon

Ada banyak makanan khas Cirebon yang wajib dicicipi ketika kamu berkunjung ke Cirebon, seperti nasi Jamblang, tahu gejrot, empal gentong, nasi lengko, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang nasi lengko khas Cirebon. Bagi kamu yang belum pernah mencoba atau mendengar makanan ini mungkin terdengar asing bukan? Jadi, nasi lengko adalah makanan khas Cirebon (pada umumnya masyarakat Pantai Utara) yang terdiri atas nasi dengan lauk dari bahan-bahan nabati seperti tempe goreng, tahu goreng, irisan mentimun, taoge yang direbus, potongan kucai, taburan bawang goreng, lalu bahan-bahan tersebut disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis khas Cirebon, tak lupa juga dilengkapi dengan kerupuk aci putih.

Secara etimologi, nasi lengko berasal dari kata langka yang berarti jarang atau tidak ada, maksudnya dalam penggunaan bahan-bahan lauk nasi ini tidak banyak dan berasal dari non-hewani. Melihat lauk-pauk yang ada pada menu ini, maka nasi lengko sangat cocok disantap oleh vegetarian. Ada kalanya ketika menyantap nasi lengko dilengkapi juga dengan sate kambing yang disajikan di piring berbeda.
Salah satu nasi lengko yang terkenal di Cirebon adalah nasi lengko H. Barno yang sudah berdiri sejak 1968 dan memiliki banyak cabang di beberapa sudut kota Cirebon. Tempat yang aku kunjungi adalah Nasi Lengko H, Barno yang terletak di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo kota Cirebon. Di tempat makan ini tidak hanya menyajikan menu nasi lengko, ada menu sate kambing dan empal gentong yang juga makanan khas Cirebon. Meskipun menu nasi lengko sangat sederhana, untuk soal rasa tidak perlu diragukan lagi nasi lengko di sini juaranya. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan kocek yang tinggi karena harga nasi lengko terbilang cukup murah, hanya dengan Rp13.000 kamu sudah bisa mencicipi satu porsi nasi lengko dan Rp10.000 untuk setengah porsinya. Untuk menu lainnya juga tidak begitu mahal, harganya cukup terjangkau dengan rasa yang istimewa. Jadi tunggu apa lagi? ayo datang dan nikmati wisata kuliner yang satu ini!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar