Jumat, 08 April 2022

Rekomendasi Menu Sahur Praktis untuk Kamu yang Malas Sahur

Setiap bulan ramadan terdapat beberapa kegiatan yang membedakannya dengan bulan lainnya. Misalnya di bulan puasa ini kita disunnahkan untuk bangun lebih pagi sebelum waktu subuh tiba untuk menyantap makan sahur. Hal yang sunnah ini jika dikerjakan tentu saja mendapatkan pahala. Tak lengkap rasanya jika kita berpuasa tanpa makan sahur, sebab sahur sendiri mengandung keberkahan yang tertuang dalam hadist. Meskipun begitu, karena kebiasaan baru makan di waktu dini hari ini seringkali membuat kita malas. Apalagi buat kamu yang termasuk sobat mager, rasanya bangun di dini hari untuk makan pagi merupakan tantangan sendiri bukan? Nah di tulisan kali ini aku mau membagikan menu makan sahur yang praktis buat kamu sobat mager. Simak tulisan ini sampai habis ya!




  1. Air putih dan Kurma

Bagi kamu yang sudah di tahap level mager parah, maka memakan makanan berat di pagi hari bukan merupakan pilihan ideal. Oleh karena itu, air putih dan kurma adalah pilihan simpel, cepat, dan praktis untuk dikonsumsi. Dalam sebuah hadist pun diriwayatkan bahwa sahur mengandung keberkahan, meskipun hanya mengonsumsi seteguk air putih.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam bersabda, Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,"(HR Ahmad). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga pernah bersabda: "Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan," (HR al-Bukhari).

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi tiga butir kurma karena kurma merupakan asupan nutrisi yang baik saat berpuasa. Di tulisan sebelumnya, aku sudah menyinggung tentang manfaat kurma, silakan dibaca ya! 😉

  1. Overnight oatmeal

Oatmeal merupakan menu praktis yang bisa dikonsumsi saat sahur. Agar lebih praktis, kamu bisa membuat overnight oatmeal di malam hari sebelum kamu tidur. Caranya juga mudah, yaitu kamu hanya perlu mencampur oatmeal dengan beberapa topping pilihanmu, seperti madu, kurma, pisang, dan buah-buahan lainnya. Setelah itu, kamu bisa menyimpan oatmeal ke dalam kulkas dan diamkan semalaman. Lalu, bisa dikonsumsi saat sahur. Praktis bukan? Oatmeal juga baik dikonsumsi untuk kamu penderita asam lambung, loh.

  1. Roti Gandum

Pilihan selanjutnya adalah roti gandum. Mengapa harus roti gandum? Yup betul! Jika dibandingkan dengan roti tawar biasa, roti gandum utuh memiliki lebih banyak nutrisi, seperti protein, magnesium, fosfor, kalium, sodium, antioksidan, folat, dan berbagai vitamin. Selain itu, roti gandum juga lebih banyak mengandung serat, sehingga membuat kamu bisa kenyang lebih lama. Nah untuk mengonsumsinya, kamu bisa menambahkan roti gandum dengan selai favoritmu ya. Dengan begitu, sahur pun lebih praktis dan bisa tahan puasa seharian.

  1. Susu dan sereal

Buat kamu yang sudah terbiasa sarapan dengan sereal, maka kamu juga bisa mengaplikasikan ini untuk menu sahur. Sereal yang dicampur dengan susu dingin merupakan kombinasi sempurna favorit kebanyakan orang. Di dalam sereal mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein yang baik untuk tubuh. Dipadukan dengan susu yang mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Kamu juga bisa memilih alternatif susu, seperti susu almond dan kedelai. Kombinasi sempurna ini, selain praktis juga bisa memberikan energi untuk tubuh agar siap seharian berpuasa.

  1. Omelette

Buat kamu yang masih ingin mengonsumsi nasi saat sahur, tetapi bingung menentukan lauknya maka omelette adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa mencampurkan telur dengan berbagai sayuran, seperti wortel, jamur, paprika, bawang bombay, keju parut, sosis. Setelah itu tinggal digoreng. Resep ini terbilang mudah dan praktis. Jika kamu tidak ingin memakan nasi, kamu bisa mengganti karbohidrat dengan kentang. Dengan begitu lebih seimbang bukan menu sahurmu? 😉


Nah itu dia lima menu simpel dan praktis untuk sahur buat kamu yang sering malas makan sahur. Selamat mencoba! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar