Minggu, 17 April 2022

Alasan Mengapa Kita Harus Punya Hobi Traveling

Jika ditanya tentang hobi, kebanyakan orang akan menjawabnya dengan berbagai macam kegiatan. Hobi sendiri merupakan kegiatan yang kita sukai di waktu senggang. Biasanya untuk mengisi waktu luang kita maka kita menggunakannya dengan hal yang positif. Misalnya membaca buku, menulis, bermain musik, berolahraga, berkebun, dan masih banyak lagi. Jika aku ditanya apa hobiku, maka jawabannya tentu saja banyak karena memang aku menyukai banyak hal. Namun, di tulisan kali ini aku akan menceritakan salah satu hobiku, yaitu traveling dan alasan mengapa kita setidaknya harus punya hobi traveling alias berpetualang.




  1. Menemukan hal-hal baru

Bepergian ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya merupakan sebuah pengalaman baru. Di tempat yang baru ini juga kita akan bertemu hal-hal baru dan mempelajarinya. Bertemu dengan tempat yang baru, situasi yang baru, dan orang-orang yang baru. Sebagai manusia tentu saja kita punya insting untuk beradaptasi dengan cepat. Dari sini kita juga bisa mengambil sebuah perspektif yang baru dan membandingkannya dengan kehidupan di tempat kita biasa menjalaninya. Misalnya ketika kita menyambangi daerah di luar pulau tempat tinggal kita, lalu bertemu dengan suku baru dan menemukan bahwa adanya keragaman budaya adalah sebuah harmoni. Lagipula kita sebagai manusia diciptakan berbeda-beda suku, budaya, agama agar kita semua saling mengenal bukan? Dengan traveling membuat kita bisa melihat hidup yang berwarna.


  1. Dunia itu luas

Kita tahu bahwa negara di mana kita tinggal, yaitu Indonesia memiliki luas yang besar dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Ada banyak daerah, kota, provinsi, pulau yang membentang di bumi pertiwi. Apalagi jika melihat tempat di ujung bumi sana, tentunya masih sangat banyak dan tak terhitung jumlahnya. Dengan begitu, berpetualang adalah salah satu cara untuk kita menjelajahi negeri kita yang indah ini. 

Ada sebuah pepatah yang dilontarkan oleh seorang penulis hebat bernama Ahmad Fuadi dalam bukunya yang berbunyi,"Bertualanglah sejauh mata memandang. Mengayuhlah sejauh lautan terbentang. Bergurulah sejauh alam terkembang." 

Maka berpetualanglah, jelajahi negeri yang indah dan temukan mozaikmu.


  1. Menjadi pribadi yang mandiri

Pergi ke tempat-tempat baru yang belum pernah kita sambangi sebelumnya membuat kita bisa menjadi sosok yang mandiri. Sebelum berangkat ke destinasi tujuan petualangan, biasanya kita akan mencari tahu terlebih dari akses untuk ke sana bisa menggunakan apa, biaya yang harus di keluarkan berapa, apa pakaian yang harus dikenakan, berapa lama akan tinggal, biaya hidup sehari-hari, tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Apalagi jika melakukan solo traveling, maka kita harus mengandalkan diri sendiri. Dengan mengatur dan memetakan semuanya, maka kita dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri , percaya diri, dan belajar untuk tidak bergantung pada orang lain. 


  1. Bisa menghargai perbedaan dan keragaman

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya bahwa ketika kita berpetualang ke tempat baru, maka akan bertemu dengan situasi dan orang yang sangat berbeda dengan tempat kita tinggal. Perbedaan suku, adat, budaya harus kita hargai. Seperti sebuah pepatah dalam bahasa Indonesia yang berbunyi di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa populer tersebut bermakna bahwa kita sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat yang kita pijaki. Terlebih kita mengenal bahwa Indonesia terkenal akan keragaman budaya dan agama, sehingga menghormati perbedaan adalah bukan hal yang asing bagi kita. Apalagi jika kita sudah berpetualang di luar negeri yang sangat amat berbeda secara budayanya. Dengan begitu, kita bisa menjadi pribadi yang lebih bijak lagi dalam menghormati keragaman budaya.


  1. Tak gentar menghadapi tantangan

Berpetualang merupakan salah satu hobi yang membuat kita keluar dari zona nyaman kehidupan sehari-hari. Dengan berpetualang, maka kita mencari tantangan hidup demi mencapai sesuatu yang berbeda dengan rutinitas kehidupan yang selama ini kita jalani. Memutuskan untuk berpetualang sama saja dengan berani mencoba hal yang baru. Hal ini tentu saja baik karena dalam kehidupan sehari-hari, kita akan lebih baik lagi dan menjadi pribadi yang disiplin, serta mau mencoba hal baru yang menantang diri sendiri.


Nah itu dia lima alasan mengapa kita setidaknya harus mencoba hobi traveling. Meskipun seringkali traveling juga membutuhkan budget yang tidak murah, tetapi tidak apa-apa. Hal ini karena ada banyak cara yang bisa kita lakukan, misalnya dengan menganggarkan dana sendiri untuk traveling sebagai self reward atau healing dari rutinitas harian. Kalau aku pribadi selain traveling, aku juga sambil menceritakan pengalamanku melalui tulisan di blog agar memorinya abadi dan bisa menginspirasi banyak orang melalui tulisan 😊 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar