Baca Berita Cepat, Mudah, dan Lengkap di IDN App

21.03

Kebutuhan manusia akan informasi terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Di era digital saat ini memungkinkan adanya kemudahan dalam mendapatkan akses informasi yang lebih efektif dan efisien melalui berbagai media. Sejalan dengan itu, media informasi pun berkembang pesat, mulai dari yang konvensional hingga modern. Informasi juga dapat diakses secara cepat dengan didukung oleh pertumbuhan gawai dan mudahnya akses internet yang dengan sekejap telah menggantikan media konvensional. Hal ini dapat dilihat dari menjamurnya berbagai platform berita daring yang dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui mesin pencari. Siapapun dapat mengakses informasi yang beragam hanya dengan sekali klik. 

Salah satu platform berita yang menyajikan informasi dengan beragam konten yang menarik dan berkualitas adalah IDN Times. Kalian pasti pernah mendengar atau membaca artikel berita di IDN Times bukan? Ya, IDN Times merupakan media berita multi-platform daring yang ditujukan untuk generasi milenial dan Z. Mengapa demikian? Karena IDN Times terkenal akan penyajian artikelnya yang menarik, edukatif, dan inspiratif sehingga diminati oleh pembaca dari semua kalangan terutama anak muda yang memiliki kedekatan terhadap akses internet dan informasi yang cepat. Selain itu, IDN Times juga memiliki beragam kanal berita dari mulai Popbela, Popmama, Yummy, dan masih banyak lagi. 

Tahukah kalian bahwa selain menyajikan informasi melalui situs webnya, IDN Times juga telah meluncurkan aplikasi baca berita bernama IDN App yang membuat kita bisa mengakses konten-kontennya melalui ponsel pintar dengan lebih mudah dan nyaman. Lalu bagaimana cara mengunduh dan bagaimana juga tampilan aplikasi baca berita ini? Simak ulasan berikut ya!

IDN App hadir sebagai aplikasi berita terkini yang menyajikan beragam fitur yang menarik. Kita bisa mengunduh aplikasi baca berita ini melalui playstore maupun appstoreMenariknya, aplikasi berita terlengkap ini berukuran kecil, yakni hanya kurang lebih 9 MB saja sehingga tidak perlu khawatir perangkat ponsel pintar kita kehabisan memori. Ukuran yang terbilang kecil juga membuat akses konten-konten IDN App lebih cepat dan lancar sehingga kita tidak perlu menunggu lama saat membuka artikelnya. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kita kecanduan membaca berita di aplikasi ini, selain tentunya karena isinya yang informatif. 

Lalu, bagaimana tampilan saat pertama kali berhasil mengunduh IDN App ini? Ketika membuka aplikasi ini untuk pertama kalinya, kita akan dibawa untuk melihat layar onboarding yang berupa pengenalan singkat tentang konten aplikasi agar menarik perhatian pengguna terhadap fitur-fitur penting IDN App, seperti fitur tanya jawab antar pengguna, fitur menulis artikel, dan fitur topik yang bisa disesuaikan dengan minat kita. Setelah itu, kita akan diarahkan untuk log in menggunakan berbagai pilihan akun, dari mulai Facebook, Google, hingga Email. Namun, jika kita belum pernah membuat akun IDN maka harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan salah satu dari ketiga pilihan tersebut. Mudah bukan?


Nah, setelah kita berhasil masuk ke akun yang sudah dibuat, maka selanjutnya akan dibawa pada tur singkat tentang tampilan fitur-fitur menarik yang ada di IDN App. Fitur tersebut dari mulai Home, Explore, Tanya Jawab, Notification, dan Profile. Tur singkat ini berguna untuk mengetahui apa saja konten yang ada di IDN App. Sebelumnya, kita akan dibawa untuk memilih informasi berita terkini dari beragam topik yang ada di aplikasi IDN, dari mulai news, bisnis, otomotif, sportsoccertravel, teknologi, life, hype, health, food, science, menquiz, fiction, opinion, dan community. Pilihan informasi ini dapat disesuaikan dengan minat kita, namun di awal kita disarankan memilih minimal tiga topik dari beberapa topik yang tersedia. Sebagai contoh, pada awalnya saya memilih topik hype yang merupakan berita viral dan unik berisi topik-topik humor, entertainment, fun fact, dan throwback; lalu saya memilih news yang berisi berita terkini, berita terbaru hari ini yang akurat dan terpercaya di Indonesia dan dunia sehingga kita bisa update berita apapun secara cepat dan mudah; selanjutnya saya juga memilih topik food yang berisi informasi seputar makanan sehat untuk generasi milenial, rekomendasi tempat makan, resep makanan, dan menu diet sehat. Setelah berhasil memilih minimal tiga topik, maka kita bisa masuk ke dalam tur singkat fitur-fitur aplikasi IDN. Selanjutnya kita bisa kapanpun mengganti topik informasi yang beragam tersebut sehingga kita bisa dengan bebas memfilter informasi yang sesuai dengan minat kita, menarik bukan?

Tampilan fitur-fitur IDN App


Pada fitur Home di IDN App berisi tentang artikel-artikel berdasarkan topik pilihan kita yang dibagi berdasarkan bagian "Terpopuler Untukmu", "Kamu Harus Baca","Spesial Buat Kamu", "Berita Populer", "Terbaru Hari Ini", dan tanya jawab dari para pengguna aplikasi. Selain itu, fitur Home juga memungkinkan kita melihat beragam berita lainnya dengan topik yang berbeda dalam jumlah yang sangat banyak. Fitur ini juga memungkinkan kita bisa mencari berita apapun dengan cara mengetiknya di kolom pencarian pada ikon search. Sementara itu, pada fitur explore berisi topik pilihan kita, topik spesial, dan topik lainnya. Fitur Explore berfungsi untuk mengatur ulang topik pilihan kita, yakni dengan cara edit dan save lalu tampilan berita di Home pun akan menyesuaikan. 

Selanjutnya, terdapat juga fitur tanya jawab yang berguna untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pendapat antar pengguna yang disesuaikan dengan topik pilihan kita. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengklik ikon plus (+) dan ketik pertanyaan atau pendapat kita, lalu posting dan tunggu respon dari pengguna lain. Selain itu, di fitur ini juga kita bisa menulis artikel apapun sesuai dengan minat kita, namun artikel kita tidak bisa langsung diterbitkan karena harus melalui proses edit terlebih dahulu, jika sudah sesuai maka artikel kita bisa terbit dan kita akan mendapatkan poin. Poin yang kita dapat dari menulis artikel bisa diredeem (ditukarkan dengan uang) sehingga bisa menambah pendapatan kita. Kemudian, pada fitur Profile berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan identitas kita sebagai member. Di sini juga kita dapat mengatur ulang profil dan tampilan aplikasi melalui menu setting

Setelah beberapa waktu menggunakan aplikasi IDN, saya dapat menemukan segudang keunggulan dari aplikasi ini seperti yang sudah saya singgung di atas, yaitu ukuran aplikasi yang kecil, tampilan yang simpel, fitur tanya jawab, menulis artikel dan mendapatkan poin, topik berita yang beragam, aplikasi baca berita untuk generasi milenial dan Z, serta tampilan aplikasi IDN juga dapat diatur ulang menjadi mode malam sehingga lebih menghemat baterai ponsel kita dan tampilannya (menurut saya) jadi lebih keren. Selain itu, kita juga dapat mem-bookmark artikel berita yang kita sukai dan dapat membacanya lagi kapanpun di fitur profile pada pilihan menu bookmark. Selain bookmark, terdapat juga menu "Terakhir dibaca" pada fitur setting yang memungkinkan kita melihat rekam jejak artikel yang pernah kita baca sebelumnya. 

Dari pemaparan di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa IDN App merupakan aplikasi baca berita yang cepat, mudah, dan lengkap. Mengapa cepat? karena kita dapat mengakses informasi dan mendapatkan notifikasi di ponsel kita tentang berita-berita terkini dan terpercaya dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, IDN App merupakan aplikasi berita terkini dan aplikasi berita hari ini yang tak diragukan lagi. Mengapa mudah? karena dengan cepatnya akses informasi yang kita dapat dan tampilan yang simpel, maka kita dapat dengan mudah dan sekali klik membaca berita dari ponsel dalam genggaman tangan kita. Mengapa lengkap? karena IDN App menyajikan informasi dengan topik yang sangat beragam sehingga dapat dikatakan bahwa IDN App merupakan aplikasi berita terlengkap. 

Bagaimana dengan kalian, apakah kalian tertarik mengunduh dan membaca berita di IDN App? Tunggu apa lagi, buktikan sendiri pengalaman membaca berita yang informatif, edukatif, dan inspiratif. Bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya!

Yuk, baca berita cepat, mudah, dan lengkap di IDN App 😊


You Might Also Like

32 komentar

  1. Cara penyampaiannya menarik dan informatif :)

    BalasHapus
  2. Wow, Mbak...
    Saya baru tau kalau popbela itu bagian dari IDN Times, dan bener-bener baru tau juga kalo IDN punya aplikasi. Selain berisi berita, ada fitur-fitur menarik seperti tanya-jawab juga.
    Terimakasih banyak, Mbak untuk infonya! Menarik sekali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya , Mbak Irma 😊
      Ya, betul sekali! Semoga Mbak Irma juga tertarik untuk mengunduh aplikasi IDN sehingga bisa merasakan sendiri fitur-fiturnya yang menarik 😆

      Hapus
  3. Wah menarik sekali & sangat informatif, terima kasih

    BalasHapus
  4. Wah menarik sekali & sangat informatif, terima kasih

    BalasHapus
  5. Menarik dan informatif sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya, mba Nina 😊

      Hapus
  6. Ini yang ditunggu2, terimakasih kak infonya😍

    BalasHapus
  7. Wuaaahhh baru tahu, dengan begini gak males baca berita lagi 😍🥰

    Makasih 🙏

    BalasHapus
  8. Thanks infonya mbak Fifah,, saya sebenarnya sda lama pengen belajar nulis,, mau explor wisata sumba dan keadaannya jga,, hanya tidak tau harus nulis dimana dan bagaimana caranya... Dan app IDN ad platform buat nulis nih ternyata,, tinggal belajar cara nulis yg baik dan jga pastinya yg bisa edukatif kontennya.. Thanks a lot infonya mbak Fifah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya kak 😊
      Aku dukung kamu untuk menulis tentang Sumba, semangat yaaa dengan begitu maka kamu berkontribusi dalam memperkenalkan daerahmu! 😊

      Hapus
  9. Menarik dan keren ka afifah, thankyou for your information

    BalasHapus
  10. semoga bisa menjadi platform berita yg dapat melaporkan suatu kejadian yg sedang berlangsung melalui unggahan live streaming..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bang, sebagai media multi-platform seharusnya bisa menyajikannya juga 👍

      Hapus
  11. Ternyata fitur IDN App menarik ya, thx infonya Afifah

    BalasHapus
  12. Setelah membaca artikel ini, sy segera mendownload idn app. Dan memang benar apa yg dipaparkan di atas, sy mengalami sensasi yg sama seprti yg disajikan oleh artikel di atas ini. Tanpa artikel ini, sy mungkin tak tahu bila idn time meluncurkan aplikasi. Menurut sy kemudahan yg diberikan oleh idn app dalam mengakses informasi nyaris semudah kita scroling medsos spt instagram misal dll. Terima kasih informasi dalam artikel ini sangat berguna bagi sy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senang sekali membaca komentarnya, terima kasih juga sudah membaca artikel saya 👍

      Hapus
  13. Menarik dan informatif sekali dalam penyampaiannya. Membuat pembaca tidak mudah bosan membaca dari awal sampai akhir.
    Disamping itu, banyak informasi mengenai IDN times yang baru saya ketahui setelah membaca artikel ini, salah satunya mengenai adanya IDN app untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berita dan informasi lain. Semoga kedepannya banyak masyarakat Indonesia, terutama generasi muda aware terhadap berita-berita yg aksesnya sudah sangat mudah di jaman sekarang ini, salah satunya melalui kehadiran IDN App ini.
    Sukses terus penulis.

    BalasHapus
  14. Menarik dan informatif sekali, terima kasih afifah

    BalasHapus
  15. Terimakasih mbak fifahh dh kasih info yg super duper lengkap tentang idn Times..artikelnya menarik sekali sampai2 mendorong minat sy buat download idn app

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba Rini, senang membaca komentarnya 😊

      Hapus
  16. Seriusan kak bisa nulis artikel terus dapet komisi? Aak, seru bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, setiap menulis artikel yang terbit akan mendapatkan poin, nah poin ini bisa diredeem kak, seru kan 😊

      Hapus

Popular Posts