Makanan Korea Termurah di Cirebon: Epen's Box Cirebon

21.07

 

Seiring banyaknya penggemar Korea, baik itu pecinta drama maupun k-pop, makin banyak juga tempat makan yang menyajikan menu Korean food, bukan hanya di kota-kota besar saja tetapi juga ada di kota-kota kecil. Salah satunya di Cirebon, bisa ditelusuri di kota ini tempat makan yang menyajikan menu Korean food semakin menjamur. Beberapa bulan yang lalu aku pernah menulis tentang Korean food di Cirebon, tepatnya di Samwon Express (bisa dibaca di sini). Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang Korean food di Cirebon lagi. Kali ini di Epen’s Box yang ada dua tempat, yaitu di ruko CSB Mall Cirebon dan di jalan Tentara Pelajar Cirebon, yang aku kunjungi adalah di ruko CSB Mall Cirebon. Oiya sebenarnya ini bukan pertama kalinya aku ke sini, pada 2016 aku pernah mencicipi menu di sini tetapi saat itu seingatku menunya belum berkonsep Korean food melainkan Japanese food (tapi koreksi ya jika aku salah). Awalnya saat hangout dengan keempat temanku tidak ada rencana akan makan di sini, tapi karena kami bingung mau makan apa jadi akhirnya kami memutuskan untuk makan di sini.

Epen’s Box

Lokasi 1: Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Ruko Yellow Ribbon no.19 (dekat parkiran motor, CSB bagian belakang), Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Lokasi 2: Jl. Tentara Pelajar no.12 A, Pekalangan, Pekalipan, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Open: Selasa – Minggu pukul 11.00 – 20.30 (senin tutup)

Rate: 4,0

You can check this on instagram @epensbox


Kami memesan menu yang berbeda-beda. Aku memesan ramyeon yang pasti sudah tahukan ini merupakan mi kuah ala Korea yang ternyata di sini best seller, tak heran sih setelah aku mencicipi ini ternyata memang enak. Untuk tampilan ramyeon di sini sama seperti kebanyakan di restoran korea lainnya dengan tambahan topping telur yang dapat dipilih mau matang atau setengah matang dan juga sayur-sayuran serta disajikan dengan panci ramyeon khas Korea. Untuk harga ramyeon di sini cukup murah dibandingkan di restoran Korea lain yang pernah aku kunjungi, cukup dengan Rp24.500 sudah bisa mencicipi ramyeon yang enak dengan porsi yang cukup besar.


Ketiga temanku memesan budae jjigae. Jujur aku belum pernah mencicipi menu ini, sekilas ketika melihatnya menurutku tampilannya seperti ramyeon dengan topping yang lebih beragam. Setelah aku cari tahu ternyata budae jjigae adalah masakan Korea yang terbuat dari sup dimasak dengan bahan-bahan lain seperti ramyeon, jamur, kimchi, daging dan tak lupa ditambah bumbu khas gochujang. Dilihat dari sejarahnya, hidangan ini tercipta pada saat berakhirnya Perang Korea, secara harfiah budae jjigae sendiri berarti sup pangkalan militer. Saat aku mencoba mencicipi makanan ini, menurutku rasanya manis pedas (dominan manis) yang mungkin berasal dari gochujang. Entah mengapa aku dan keempat temanku kurang menyukai budae jjigae karena rasanya tidak sesuai dengan ekspektasi kami. Untuk harga budae jjigae sama seperti ramyeon yaitu hanya Rp24.500 dengan porsi yang cukup besar sama seperti ramyeon.

Salah satu dari kami juga memesan dak bokkeum tang yang merupakan hidangan tradisional Korea yang bahannya ayam goreng dengan bumbu manis pedas, disajikan dengan nasi dan juga telur. Untuk rasanya lumayan enak dengan harga Rp25.500 dan cukup mengenyangkan.

Kami juga memesan menu untuk 2-3 orang yaitu stew bulgogi yang merupakan bulgogi rebus atau sup daging sapi dan kita bisa masak sendiri. Hidangan ini terdiri dari telur, jamur, wortel, sawi, tahu, bihun, dan yang pasti daging sapi. Meskipun hidangan ini untuk 2-3 orang, bagi kami hidangan ini bisa dinikmati oleh kami yang berlima karena porsinya cukup banyak. Menurutku rasa hidangan ini biasa saja, agak asin, aku prefer makan bulgogi yang tidak direbus wkwkw.


Selain itu, kami memesan menu untuk 2-3 orang lagi yaitu fried tteokbokki. Sama seperti stew bulgogi yang katanya untuk 2-3 orang, namun bisa dinikmati oleh 5 orang karena porsinya cukup banyak. tteokbokki sendiri merupakan kue beras khas Korea yang berbentuk batang atau silinder disajikan dengan bumbu gochujang. Nah di sini, fried tteokbokki bisa kita masak sendiri dan hidangan ini terdiri dari tteokbokki yang dipotong kecil-kecil, sosis dengan potongan besar, dan keju. Rasanya enak dan harganya Rp.42.500 dengan porsi yang banyak.


Untuk interior kafe ini cukup instagramable, nyaman, cocok untuk makan bersama teman atau pacar atau gebetan atau bisa juga keluarga tetapi tidak cukup luas hanya ada beberapa meja saja dan juga ada latar musik K-pop yang membuat suasana semakin menyenangkan. Disediakan juga stop kontak dan wifi yang membuat kita semakin nyaman.

Kesimpulannya adalah menu di Epen’s box terdiri dari berbagai macam Korean Food dengan rasa yang cukup enak dan harga yang terjangkau. Tempatnya juga nyaman dan ada fasilitas yang mendukung buat nongkrong lama-lama (baca: wifi dan stop kontak). Oiya harga yang dari menu di sini belum termasuk pajak 10% ya. Cukup puas makan di sini karena mengenyangkan dan menyenangkan. Jadi tungga apa lagi, ayo datang dan nikmati makanan korea di sini! 😆

 

 

 

 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts