Sabtu, 17 Agustus 2019

Wisata Religi ke Masjid Raya At-Taqwa Cirebon

Jika kemarin saya sudah membahas tentang masjid agung di Cirebon, kali ini saya akan membahas masjid agung yang lainnya yaitu Masjid Raya At-Taqwa. Masjid Raya At-Taqwa juga sering menjadi destinasi wisata religi oleh para wisatawan. Masjid Raya At-Taqwa terletak di tengah kota Cirebon, akses untuk menuju ke sini sangatlah mudah. Jika kalian datang dari arah stasiun Kejaksaan, maka untuk ke sini bisa ditempuh dengan jalan kaki ke arah selatan sampai menemukan alun-alun Kejaksan, nah Masjid Raya At-Taqwa terletak di samping alun-alun Kejaksaan, tepatnya di jalan R.A. Kartini kota Cirebon.

Cikal bakal bangunan masjid ini telah berdiri sejak tahun 1918, namun baru diresmikan menjadi Masjid Raya At-Taqwa pada tahun 1963. Gaya arsitektur masjid ini menggunakan gaya arsitektur tropis di mana bangunan dirancang sebagaimana rupa menyusaikan kondisi tempat beriklim tropis. Di depan masjid terdapat taman yang menambahkan keindahan masjid serta ada air mancur juga yang sanggup membuat kesan sejuk. Ada dua bagian, bagian depan kanan khusus untuk wanita dan bagian kiri untuk pria. Masjid ini juga memiliki menara setinggi 65 meter loh, tapi sepertinya pengunjung tidak diperbolehkan naik. Namun saya tidak tahu informasi terbaru apakah pengunjung diperbolehkan naik ke menara atau tidak.

Oiya kompleks masjid ini terdiri dari masjid itu sendiri, Islamic centre, dan ada kantinnya juga. Untuk kantinnya sendiri terletak di dekat tempat parkir, terdapat beberapa toko yang menyajikan beragam menu, ada bakso, ayam goreng, nasi goreng, warung nasi yang berkonsep prasmanan, dan masih banyak lagi. Untuk rasa, lumayan enak dan untuk harga juga terjangkau.

Jadi, untuk kalian yang ada di Cirebon atau yang berencana mau ke Cirebon, jangan lupa kunjungi Masjid Raya At-Taqwa karena di sini kalian bisa berwisata religi serta tempatnya mudah dijangkau, selain itu jika kalian sedang berada di sana dan kelaparan maka tinggal pergi ke kantinnya saja karena tersedia berbagai macam menu. Sebagai tambahan, kalian juga bisa nyantai di alun-alun Kejaksan karena tepat di depan Masjid Raya At-Taqwa adalah alun-alun Kejaksan.

📍 Jl. Kartini Nomor. 2, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121

Tidak ada komentar:

Posting Komentar