Monetize blog atau santuy blog? Mana yang Harus Dipilih?

05.21

Di tulisan sebelumnya, aku sudah membahas tentang tujuan ngeblog yang memang tujuan awalnya adalah for fun. Seiring dengan berjalannya waktu dan sudah lama ngeblog, maka timbul juga sebuah pertanyaan. Pertanyaan tersebut adalah mau dibawa ke mana blog ini? Apakah akan terus sebagai platform menulis yang hanya untuk menuangkan hobi menulis saja? Atau harus berkembang juga hingga bisa menghasilkan uang dari hobi yang digeluti selama ini? Nah berikut jawabannya! 😊


Menulis blog for fun alias santuy

Di poin ini, aku berpikir bahwa sejatinya hobi menulis bukanlah sebuah beban. Oleh karena itu, menulis di blog harus dilakukan dengan penuh rasa suka dan paksaan. Terkadang kita membutuhkan waktu untuk menuangkan apa yang ada di dalam pikiran kita. Terkadang juga membutuhkan riset untuk mendukung tulisan kita. Ketika kita mencintai apa yang kita lakukan, maka akan menghasilkan yang terbaik. Menulis sesuai apa yang kita inginkan, mempublikasikan tulisan semau kita, dan menjalankan secara santai karena memang atas dasar just for fun. 

Aku pribadi saat awal menulis blog memang hanya berisi coretan kisah ringan, puisi, cerpen, dan lain-lain. Pada dasarnya yang aku tulis tidak ada benang merahnya, benar-benar random. Oleh karena itu, aku pun sering melabeli diriku sebagai blogger gado-gado hahahaha. Namun, saat itu aku menulis sesuai dengan isi hatiku, sesuai dengan isi pikiranku, dan sesuai dengan apa yang aku mau. Terkadang isinya jug curhatan yang nggak jelas alias absurd. Kalau aku membaca lagi tulisan di blog lamaku rasanya geli sendiri hahaha. Namun, aku juga bangga karena aku tumbuh dan berkembang dengan menulis. Blog adalah saksi bisu bagaimana aku dulu, seperti buku diary. Jadi, selama ini aku menulis di blog secara santuy. Aku juga menyadari bahwa sebagai penulis blog, maka secara tidak langsung aku pun menjadi seorang content writer untuk situs pribadiku. Dengan begitu, aku pun bisa membuat portfolio melalui tulisan di blog. Aku terus berusaha untuk menulis secara santuy, tapi tetap insightful. Seperti dalam tulisanku sebelumnya bahwa manfaat ngeblog bisa membagikan pengetahuan baru bagi para pembaca, seperti itulah aku ingin terus diingat. 



Monetize blog apakah perlu?

Pada poin ini kita membahas tentang apakah perlu dan penting sebuah blog di-monetize? Monetisasi di era digital saat ini memang menjanjikan ya, karena karya yang kita buat secara digital bisa menghasilkan uang. Tak terkecuali blog. Seiring dengan berjalannya waktu dan lamanya aku menekuni blogging, terlintas juga dalam benakku apakah aku juga bisa menghasilkan uang dari hobi menulis blog ini? 

Aku pun mencari tahu bagaimana cara monetisasi blog. Lalu aku menemukan ada banyak cara untuk mendulang keuntungan dari blog. Misalnya dengan Google Adsense, menjual produk fisik atau digital, menjual e-book, afiliasi, kursus online, sponsored post, freelance writer. Dari cara-cara tersebut aku menyadari bahwa tidak semudah itu dan tidak semuanya bisa dicoba karena belum tentu sesuai. 

Aku berusaha untuk mengganti domain blogspot menjadi .com, lalu memasang Google Adsense di blogku. Namun, prosesnya tentu saja tidak mudah. Apalagi aku tidak ada background di digital marketing, sehingga harus mempelajarinya secara otodidak. Kemudian Alhamdulillah aku bisa menghasilkan uang dari tulisan blogku dengan cara partnership. Semoga kedepannya semakin banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog. 

Menurutku, kita tetap bisa menyeimbangkan menulis santai dan bisa menghasilkan uang dari blog. Memang prosesnya tidak mudah untuk menjadi blogger influencer. Namun, jika kita terus melakukan yang terbaik untuk menghasilkan tulisan di blog yang berkualitas Insya Allah akan selalu ada jalan. Tetap semangat ngeblog! 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Yups! Setuju! Kita masih bisa ngeblog santuy sambil dapat cuan. Rezeki nggak akan kemana

    BalasHapus

Popular Posts